get app
inews
Aa Read Next : 4 Makanan Sehat Untuk Anak Usia 1 Tahun yang Jarang Diketahui

5 Cemilan Anak Sehat dan Bergizi Perlu Diketahui Semua Orang Tua

Rabu, 28 Desember 2022 | 11:45 WIB
header img
Cemilan Anak Sehat dan Bergizi. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Meskipun identik sebagai makanan yang memberikan dampak buruk terhadap anak, cemilan ternyata memiliki peran yang penting untuk proses tumbuh dan kembang anak yang masih balita. Untuk Kakak yang mencari informasi mengenai camilan sehat, Fida akan memberi tahu beberapa hal yang penting.

Cemilan Anak Sehat dan Bergizi

1. Camilan Anak Usia di Bawah 1 Tahun

Sebelum anak menginjak usia 1 tahun, makanan yang dikonsumsi harus dijaga dengan ketat karena sistem pengecap dan juga pencernaan yang dimiliki oleh anak belum sempurna. Hindari untuk memberikan makanan dan cemilan saat anak berusia di bawah satu tahun.

Sebelum usia 6 bulan, Kakak juga harus menjaga asupan makanan anak karena anak belum boleh mengkonsumsi nutrisi selain dari Air Susu Ibu (ASI).  Jika tidak ada permasalahan yang menjadi hambatan, usahakan untuk memberikan ASI eksklusif pada anak minimal sampai usianya mencapai 1 tahun.

2. Camilan Anak Usia 1 Hingga 2 Tahun

Untuk anak yang masih berusia 1 hingga 2 tahun yang sedang aktif serta tidak bisa diam, asupan makanan sangat dibutuhkan. Karena kapasitas lambung yang masih kecil, Kakak dapat memberikan makanan yang berbentuk camilan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu hari.

Untuk balita berusia 1 hingga 2 tahun, camilan yang cocok adalah susu, telur, keju iris, atau keju potong, buah yang dipotong kecil dan juga lunak, serta sereal. Cemilan dapat diberikan saat waktu jeda di antara makanan utama setiap hari, yaitu sebelum makan siang dan sebelum makan sore.


Cemilan Anak Sehat dan Bergizi. (okezone.com)

3. Camilan Anak Usia 3 Hingga 5 Tahun

Saat menginjak usia 3 hingga 5 tahun, anak memiliki rasa penasaran yang tinggi. Rasa penasaran yang tinggi tersebut menyebabkan anak masih tidak mau diam dan selalu mencoba hal-hal baru. Pada usia ini, anak sudah dapat mengungkapkan perasaan, baik lapar maupun bosan.

Cemilan anak sehat dan bergizi yang dapat diberikan kepada anak pada usia 3 hingga 5 tahun adalah susu, yogurt, keju, keripik gandum, irisan sayur, dan juga buah potong. Tentunya dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya dan tidak perlu dalam keadaan lunak.

Kakak juga dapat mulai berkreasi dengan berbagai bahan makanan yang sehat untuk membuat cemilan anak usia 3 hingga 5 tahun. Ide cemilan yang bisa Kakak coba adalah omelette kukus sayuran, agar-agar buah, juga roti pizza sederhana.

Meskipun sudah bisa mulai berkreasi dengan menu cemilan untuk anak, jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan makanan yang bergizi. Selain itu, jaga agar camilan yang Kakak buat tetap mengandung sayur dan buah sebagai sumber nutrisi bagi anak.

Saat anak mencapai rentang usia ini, tantangan terbesar sebagai orangtua adalah untuk menahan diri agar tidak memberikan cemilan dalam bentuk kue maupun permen yang terlalu manis. Kandungan gula yang tinggi akan menyebabkan anak berisiko mengidap penyakit diabetes.

Sebagai orangtua, Kakak harus menghindari sistem “menyogok” anak dengan menggunakan berbagai cemilan seperti coklat atau juga permen. Pasalnya, strategi tersebut akan membuat anak berpikir bahwa coklat dan permen merupakan makanan yang berharga.

Untuk menghindari hal tersebut, Kakak harus selalu menaruh perhatian lebih terhadap cemilan anak sehat dan bergizi demi tumbuh kembang anak yang lancar dan juga sehat.

Itulah cemilan anak sehat dan bergizi perlu diketahui semua orang tua. Semoga berguna dan bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut