get app
inews
Aa Read Next : 4 Makanan Sehat Untuk Anak Usia 1 Tahun yang Jarang Diketahui

5 Penyakit Anak Pada Musim Hujan yang Wajib Diketahui

Jum'at, 23 Desember 2022 | 11:41 WIB
header img
Penyakit Anak Pada Musim Hujan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Hujan sering jadi ketika bermain yang memikat untuk anak-anak. Namun perlu diwaspadai penyakit anak pada musim hujan yang wajib diketahui oleh semua orang tua

Tetapi, dalam beberapa keadaan, bermain saat hujan pun tidak disarankan karena dampak jelek dari hujan khususnya jika terjadi banjir bukan hanya mengakibatkan musibah alam tetapi ikut jadi media penebaran beragam penyakit.

Banjir mempunyai imbas periode menengah sampai periode panjang pada kesehatan, satu diantaranya yakni tingkatkan penyebaran penyakit lewat air dan vector (water and vektor borne disease).

Dikatakan oleh Dr. Nina Dwi Putri, SpA(K), MSc (TropPaed), Dokter Specialist Anak Sub Spesialis Penyakit Infeksi Tropik dan Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia, ada banyak model penyebaran yang disebabkan karena hujan dan banjir.

Unit Kerja Koordinir Infeksi dan Penyakit Tropis Ikatan Dokter Anak Indonesia memberitahukan lis penyakit yang bisa serang anak-anak sepanjang musim penghujan.

5 Penyakit Anak Pada Musim Hujan

1. Dengue

Kubangan air bisa dipakai sebagai tempat pengembangbiakan nyamuk dan mempunyai potensi tingkatkan paparan infeksi dengue. Infeksi virus dengue adalah penyakit umum yang serang anak-anak dan orang dewasa pada musim hujan. Itu terjadi di wilayah tropis.

Tanda-tanda demam berdarah terhitung ruam, demam tinggi, dan yang lain. Aplikasikan 3M plus untuk memberantas sarang nyamuk dan menghindar gigitan nyamuk

2. Infeksi jamur

Karena kulit jadi lembab dan basah selama waktu, terjadinya kemungkinan infeksi jamur lumayan tinggi. Kulit tetap harus kering selama waktu. Meminta anak-anak Anda untuk keringkan diri sepulangnya. Jamur kerap berkembang biak saat kulit lembab dan tidak terserang udara.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut