get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

7 Cara Merawat Ikan Molly Supaya Cepat Besar bagi Pemula

Minggu, 08 Januari 2023 | 11:43 WIB
header img
Cara Merawat Ikan Molly. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ikan molly masih dibedakan lagi dalam 12 tipe bersumber pada warna badannya. Ialah black molly, lyretail, marble, golden, black sailfin, yucatan, liberty, wild green sailfin, balon, dalmation, dan poesilia latipinna. Ada pula tipe ikan molly yang sangat terkenal serta disukai para aquarist merupakan tipe black molly, marble serta golden.

Jenisnya pula dibedakan bersumber pada dimensi badannya. Antara lain short body, sailfin ataupun badan panjang, dan molly dengan ekor bercabang. Jenis-jenis ikan molly ini timbul diakibatkan terdapatnya persilangan antara bermacam tipe molly. Jenisnya dapat saja meningkat bersamaan kawin silang yang dicoba oleh para breeder.

Hendak namun cara merawatnya sama serta lumayan gampang dicoba oleh pemula. Ikan yang sesuai ditempatkan di aquascape yang ciamik bersama ikan- ikan bertubuh mungil yang lain ini cuma butuh ada pakannya tiap waktu. Tetapi bagi yang mau perbanyak ikan molly dengan tujuan budidaya, hingga harus mengenali cara mengawinkan ikan molly dengan benar.

7 Cara Merawat Ikan Molly Supaya Cepat Besar bagi Pemula

1. Mempersiapkan Akuarium

Sesi awal dalam budidaya ikan molly merupakan mempersiapkan tempat pemeliharaan, ialah berbentuk akuarium. Ikan ini bisa dipelihara di akuarium ataupun di dalam tangki. Wujud akuarium yang dipersiapkan dapat disesuaikan dengan kemauan.

Tetapi hendak lebih baik memilah akuarium dengan kapasitas 112 liter ataupun 30 galon. Dimensi akuarium yang besar bisa membuat ikan molly leluasa bergerak sehingga bisa kurangi stress dan bisa menjauhi bully dari ikan jantan.

Apalagi sebagian besar pembudidaya lebih memilah membudidayakan ikan ini di kolam semen. Kolam semen tersebut didesain sedemikian rupa supaya ikan molly bisa hidup serta berkembang dengan baik. Tetapi buat skala rumahan, hendak lebih hemat memakai akuarium cermin biasa.

Sehabis akuarium sudah siap, selanjutnya pembudidaya wajib mengendalikan temperatur akuarium supaya ikan bisa hidup dengan baik. Ada pula temperatur yang sempurna buat perkembangan ikan molly merupakan 22 hingga 27 derajat Celcius.

Kurang dari 22 derajat Celcius ataupun lebih dari 27 derajat Celcius bisa menimbulkan ikan tidak tumbuh apalagi mati. Yakinkan buat memasang tabung oksigen ke dalam akuarium supaya kebutuhan oksigen ikan molly senantiasa terpenuhi.

2. Membedakan Molly Jantan serta Betina

Apabila mau memelihara ikan molly dengan tujuan budidaya, hingga pembudidaya wajib bisa membedakan molly jantan dengan betina buat perbanyak populasi ikan di dalam akuarium. Cara membedakan molly jantan dengan betina dapat dilihat dari identitas fisiknya. Berikut uraian sepenuhnya.

Dimensi badan molly jantan lebih kecil dari betina. Ikan molly betina mempunyai wujud badan yang bundar dan lebih besar. Wujud kepala dari molly jantan pula lebih kecil, dengan jarak antar mata dengan ujung mulut yang lebih dekat. Sebaliknya ikan betina mempunyai bulut yang lumayan besar, serta lebih mancung ke depan.

Corak warna di badan molly jantan nampak lebih terang serta menarik, berbeda dengan warna molly betina yang walaupun mempunyai warna yang bermacam- macam hendak namun nampak lebih hitam serta tidak begitu menarik.

Sirip molly jantan nampak lebih panjang serta lebar dengan warna berseri- seri. Molly betina mempunyai sirip dengan dimensi kecil pendek serta dominan satu warna saja.

Molly jantan mempunyai sirip meruncing di dasar perut yang dinamakan Gonopodium. Buat ikan betina mempunyai sirip di dasar perut yang lebar serta membentuk bulatan.

3. Mengawinkan Ikan Molly

Cara mengawinkan ikan molly sesungguhnya lumayan gampang. Pembudidaya cuma wajib menempatkan ikan molly jantan serta betina dalam satu akuarium yang sama. Buat perbandingan jumlahnya 1 jantan bersama sebagian betina.

Umur ikan betina buat siap kawin diawali semenjak umur 6 bulan, sebaliknya buat ikan jantan diawali diusia 12 bulan. Sesungguhnya pemijahan ikan tipe ini tidak memperlukan perlakuan ekstra ataupun keadaan spesial. Bila keadaannya aman, ikan molly hendak produktif dengan sendirinya.

Dikala ikan molly kawin, hendak nampak posisi ikan jantan yang terletak di dasar ikan betina. Biasanya proses pernikahan berlangsung di pagi buta. Apabila pernikahan sukses, hingga induk betina hendak melahirkan anak- anaknya dalam waktu 3 hingga 5 pekan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut