get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

7 Cara Merawat Ikan Arwana Agar Warna Bagus dan Berumur Panjang

Selasa, 10 Januari 2023 | 04:48 WIB
header img
Cara Merawat Ikan Arwana. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Ikan arwana terkategori ke dalam tipe hewan peliharaan yang mempunyai usia panjang. Dengan habitat yang cocok dan konsumsi santapan yang pas, usia ikan arwana peliharaan bisa menggapai 20 tahun.

Lebih lama daripada anjing ataupun kucing, kan? Apalagi pada sebagian permasalahan yang belum terkonfirmasi, ikan arwana pula mampu bertahan hidup sampai nyaris 50 tahun.

Merawat arwana komitmen yang panjang buat menggapai usia tersebut. Nah, mengutip dari bermacam sumber, berikut kumpulan panduan merawat ikan arwana agar bercorak bagus dan usianya panjang.

7 Cara Merawat Ikan Arwana Agar Warna Bagus dan Berumur Panjang

1. Mempersiapkan Akuarium buat Arwana

Bukan cuma selaku habitat tempat tinggalnya saja, Sobat Pintar pula dapat mempersiapkan akuarium arwana agar terus menjadi menimbulkan warna dan keindahannya, lho.

Tidak hanya itu ada pula sebagian aspek keamanan dan kesehatan yang wajib dipadati buat keberlangsungan hidup ikan arwana di dalam akuarium, semacam:

Ikan arwana yang terkategori lumayan besar memerlukan akuarium dengan ukuran yang membolehkan mereka bergerak leluasa. Buat tipe ikan arwana besar( arwana Amerika Selatan) memerlukan akuarium berdimensi 180 x 76 x 60 centimeter. Sedangkan buat ikan arwana kecil( arwana Asia dan Australia) memerlukan akuarium berdimensi 120 x 60 x 60 centimeter.

Akuarium wajib memakai material cermin tebal disebabkan ikan arwana mempunyai tenaga yang lumayan buat membongkar cermin dengan ketebalan kurang dari 12 milimeter.

Sajikan penutup akuarium guna menghindari ikan arwana melompat akibat nalurinya buat mencari mangsa di permukaan air. Lapisi penutup dengan material berbentuk jaring halus, agar bila arwana melompat tidak melukainya dikala berbenturan dengan material keras.

Jauhi pemakaian substrat ataupun dasaran akuarium berbentuk pasir ataupun batu, disebabkan bisa menimbulkan penimbunan kotoran arwana yang berisiko beracun untuk mereka.

Jauhi pemakaian tumbuhan dan riasan dalam air sebab berisiko melukai sirip arwana yang diketahui mempunyai pergerakan lincah dengan badannya yang besar. Bila membolehkan, beri hiasan berbentuk tumbuhan terapung guna menghindari sikap melompatnya.

Sajikan 2 tipe sinar pada akuarium buat arwana. Awal viewing light berbentuk lampu LED buat membagikan penerangan pada akuarium. Kedua tanning light yang berperan buat menimbulkan warna arwana, misal lampu LED bercorak ungu ataupun merah muda buat tipe ikan arwana luar biasa red.

Pakai air tawar buat arwana dengan parameter berbentuk isi amonia( NH4) 0 ppm, nitrit( NO3) 0 ppm, dan nitrat( NO4) 40 ppm. Atur temperatur air berkisar 30 derajat Celcius dan kandungan pH air dekat 6. 0- 7. 0 ataupun sedikit asam buat menimbulkan warna arwana.

Persiapkan filter air yang sanggup menyaring air akuarium dalam jumlah besar. Perihal ini disebabkan arwana terkategori tipe ikan besar yang menciptakan banyak kotoran. Berarti buat menyaring kotoran sebab terdapatnya resiko beracun untuk kehidupan ikan.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut