get app
inews
Aa Read Next : Cara Menggunakan Metatrader4 di Android, Gampang Banget!

 Cara Mengganti IP di Android Dengan Mudah yang Perlu Diketahui

Sabtu, 21 Januari 2023 | 21:52 WIB
header img
 Cara Mengganti IP di Android. (iNews.id)

BATU, iNews.id - IP (Internet Protocol) adalah sebuah alamat/identitas dari setiap perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet. Ada cara mengganti IP di android dengan mudah yang perlu diketahui. 

Tapi tidak seperti alamat rumah atau kantor yang berupa tulisan jelas dan kadang dengan kombinasi angka, IP terdiri dari serangkaian nomor acak yang seolah tak ada artinya.

Selain sebagai alamat atau identitas, IP juga berfungsi sebagai 'alat' berkomunikasi di antara perangkat jaringan (yang dalam hal ini adalah perangkat Android Kakak dengan server website yang Kakak buka di browser Android). Sederhananya, IP ibarat alamat rumah untuk menerima atau mengirim surat.

Cara Mengganti IP di Android

Ada beberapa alasan mengapa IP address perlu diganti, tapi alasan yang paling klasik dan umum adalah untuk membuka situs web yang diblokir oleh jasa penyedia internet.

Alasan lainnya termasuk untuk menutupi IP asli dan melindungi transmisi data menggunakan enkripsi 256-bit, untuk merahasiakan identitas (menjadi anonim atau agar lokasi asli Kakak tidak bisa dilacak), atau untuk membuat beberapa akun di satu situs web. 2 cara mengganti IP di Android yang bisa Kakak coba adalah:

1. Gunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN bisa membantu Kakak memilih server dari kota/Negara/benua lain dan akhirnya Kakak bisa membuka situs web yang diblokir tadi, atau membuat Kakak seolah berada di kota/negara/benua tersebut. Jadi, misalkan lokasi Kakak di lacak, si pelacak akan tertipu.

Kakak bisa menikmati VPN dalam bentuk aplikasi yang bisa ditemukan di Play Store. Contoh aplikasinya adalah Hotspot Shield VPN Proxy Free, Turbo VPN, dan FlyVPN. Jika Kakak sudah download dan install salah satu aplikasi ini, Kakak bisa langsung buka aplikasinya dan ikuti instruksi berikut:

  • Saat pertama kali membuka aplikasi, akan muncul pop-up notifikasi yang isinya adalah aplikasi meminta izin untuk mengakses jaringan internet Kakak. Klik saja opsi “Ok” / “Yes” / tulisan lain yang sejenis.
  • Tergantung pada aplikasi mana yang Kakak download, aplikasi akan melakukan scanning dan secara otomatis mengatur konfigurasi koneksi internet serta mengubah IP Kakak.
  • Tapi, ada juga aplikasi yang memunculkan daftar bendera beberapa negara untuk selanjutnya Kakak pilih sendiri ingin membuat alamat IP baru yang palsu dari negara mana.
  • Jika sudah memilih server baru, aplikasi akan memunculkan lagi pesan pop-up berisi peringatan bahwa koneksi internet Kakak diawasi oleh aplikasi tersebut, langsung saja klik “Ok” dan selesai. Sekarang Kakak bisa coba buka situs web yang tadinya tidak bisa dibuka / diblokir.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut