get app
inews
Aa Read Next : Meresahkan, Kawanan Begal Sasar Ojek Online di Kota Batu

Tegas, Pj Wali Kota Batu Perintahkan Jajaran Bongkar Rentenir Berkedok KSP

Senin, 30 Januari 2023 | 16:10 WIB
header img
Pj Wali Kota Batu (Pemkot Batu)

BATU, iNewsBatu.id - Aries Agung Paewai, Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, minta jajarannya untuk membedah praktek rentenir berkedok koperasi simpan pinjam yang mengaplikasikan bunga tinggi dan bikin rugi masyarakat di daerah itu.

Aries menjelaskan jika pihaknya sudah minta Dinas Koperasi untuk lakukan pengecekan pada keberadaan koperasi yang berada di kawasan Kota Batu.

"Yang baik harus didampingi dan dikembangkan, karena koperasi ialah tulang punggung perekonomian rakyat. Tapi yang tidak berizin bahkan juga meresahkan warga harus segera ditindak bahkan juga ditutup," ucapnya dikutip dari laman redaksiharian.

Dia menerangkan, Pemerintah Kota Batu sudah mempunyai online data system (ods) yang terintegrasi untuk melihat tebaran koperasi yang sudah kantongi ijin atau tidak. Sehingga, pengecekan bisa dilaksanakan secara struktural.

Menurut dia, pihaknya akan menggerakkan satgas koperasi untuk lakukan pengecekan langsung di atas lapangan secara berkala. Disamping itu, bakal ada kerja-sama di antara Satpol PP Kota Batu dengan kepolisian untuk penertiban bila terjadi pelanggaran.

"Kami akan terus mendorong agar satuan tugas koperasi rajin masuk ke lapangan untuk mengatur berbagai kegiatan simpan pinjam," ucapnya.

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu awalnya sudah lakukan monev dan mendapati tiga Koperasi Cabang Jawa timur yang tidak kantongi ijin untuk bekerja di Kota Batu.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut