Logo Network
Network

5 Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Dean Ismail
.
Rabu, 03 Mei 2023 | 11:14 WIB
5 Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Mudah dan Cepat
Cara Menghilangkan Virus di Laptop. (okezone.com)

BATU, iNewsBatu.id - Virus komputer adalah suatu program atau kode yang berbahaya dan merusak yang dapat menginfeksi sistem operasi komputer Anda. Virus ini dapat memperlambat kinerja komputer Anda, mencuri informasi pribadi Anda, atau bahkan menghancurkan file-file penting. Oleh karena itu, penting bagi pengguna komputer untuk mengetahui cara menghilangkan virus di laptop mereka.

5 Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Berikut ini adalah lima cara yang mudah dan efektif untuk menghilangkan virus di laptop Anda:

1. Gunakan Antivirus

Salah satu cara paling umum dan efektif untuk menghilangkan virus di laptop Anda adalah dengan menggunakan program antivirus. Ada banyak program antivirus gratis dan berbayar yang tersedia di internet, seperti AVG, Avast, Norton, dan lain-lain.

Program antivirus ini akan memindai seluruh sistem operasi komputer Anda dan mencari tahu apakah ada virus yang terinfeksi di dalamnya. Jika virus ditemukan, antivirus akan memberikan opsi untuk menghapusnya atau memindahkannya ke karantina.

2. Pindai Dalam Safe Mode

Safe Mode adalah mode khusus yang memungkinkan Anda untuk memulai komputer Anda dengan perangkat lunak dan driver minimum. Dalam mode ini, sistem operasi hanya akan memuat driver yang paling penting dan membiarkan Anda melakukan perbaikan pada sistem operasi.

Pindai komputer Anda dalam mode Safe Mode dapat membantu memastikan bahwa program antivirus Anda dapat mendeteksi dan menghapus virus dengan lebih efektif.

Untuk memasuki Safe Mode, Anda bisa menekan tombol F8 pada saat startup atau restart komputer Anda. Setelah Anda masuk ke Safe Mode, jalankan program antivirus Anda dan lakukan pemeriksaan penuh sistem.

3. Menghapus Program Berbahaya

Program berbahaya, seperti adware atau malware, dapat memperlambat kinerja komputer Anda dan merusak data Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghapus program berbahaya tersebut dari komputer Anda.

Anda bisa menggunakan program antivirus atau program anti-malware seperti Malwarebytes untuk melakukan pemeriksaan pada program-program yang terinstal di komputer Anda. Setelah program berbahaya ditemukan, pilih untuk menghapusnya dari sistem Anda.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini