get app
inews
Aa Read Next : Beasiswa Luar Negeri Bermodal Rekom PCNU Kembali Dibuka, Link Pendaftarannya Ada Disini

Bantuan Dana Pendidikan Beasiswa Rp 4 Juta Perbulan Dibuka, Ini Rinciannya

Rabu, 22 Mei 2024 | 18:15 WIB
header img
Beasiswa guru (foto: iNews.id)

BATU, iNewsBatu.id - Ada beasiswa yang menjanjikan untuk dapat dimanfaatkan oleh para guru dan tenaga pendidik. Karena, program beasiswa ini dari Kementerian Pendidikan telah membuka program beasiswa yang bernama ISWA Pendidikan Indonesia.

Program ini memberikan bantuan beasiswa bagi para guru dan tenaga kependidikan untuk melanjutkan pendidikan mereka dari jenjang S1 hingga S3.

Dalam program ini, terdapat berbagai jenis beasiswa yang dapat dipilih, mulai dari S1 hingga S3.

Untuk jenjang S1, beasiswa tersedia untuk calon guru SMK, PGSD, PJOK, pelaku budaya, dan beberapa jenis beasiswa lainnya.

Sedangkan untuk jenjang S2, terdapat opsi untuk calon dosen, pendidik perguruan tinggi akademik, dan S2 pendidik dan tenaga kependidikan.

Sementara itu, untuk S3, terdapat lima pilihan beasiswa yang tersedia. Proses pendaftaran untuk program ini telah dibuka sejak tanggal 2 Mei hingga 15 Juni 2024.

Pendaftaran dapat dilakukan baik untuk kampus dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah terkait besaran komponen pembiayaan, termasuk biaya bulanan.

Meskipun untuk tahun 2024 besaran komponen pembiayaan belum diumumkan, informasi dari buku panduan pencairan BPI Kemdikbud tahun 2023 dapat menjadi acuan.

Komponen pembiayaan untuk S2 dan S3 meliputi biaya hidup bulanan, tunjangan buku, biaya penelitian untuk tesis/disertasi, dan biaya transportasi.

Biaya hidup bulanan untuk wilayah tertentu seperti Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang Selatan, dan Surabaya adalah Rp4.7 Juta. Sedangkan untuk kota lainnya, biaya hidup bulanan adalah Rp4.3 Juta.

Selain itu, terdapat juga tunjangan buku sebesar Rp10 juta per tahun untuk wilayah dalam negeri. Biaya penelitian untuk tesis/disertasi juga ditanggung, dengan jumlah bantuan bervariasi tergantung pada jenis penelitian dan jenjang pendidikan yang diambil.

Program ini memberikan dukungan finansial yang signifikan bagi para penerima beasiswa, sehingga mereka tidak perlu khawatir terkait biaya hidup selama masa studi.

Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan guru dan tenaga kependidikan di Indonesia.

Pendekatan berbasis informasi yang terperinci, serta ketersediaan berbagai jenis beasiswa untuk berbagai jenjang pendidikan, menjadikan program ISWA Pendidikan Indonesia sebagai salah satu program yang sangat diharapkan oleh para guru dan tenaga kependidikan di Indonesia. 

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut