get app
inews
Aa Read Next : Kisah Legenda Gunung Tidar yang Dianggap Pakunya Tanah Jawa Dahulu Menjadi Tempat Jin dan Demit

Sosok Zulkarnain dalam Al-Qur'an, Pembuat Benteng Penahan Ya'juj dan Ma'juj

Sabtu, 15 Juni 2024 | 11:20 WIB
header img
Benteng Penahan Ya'juj dan Ma'juj (Foto: Facebook)

BATU, iNewsBatu.id - Sosok Zulkarnain dalam Al-Qur'an dijelaskan dalam surah Al-Kahfi ayat 83-99. Allah SWT berfirman bahwa ia berhasil mengurung Ya'juj Ma'juj di balik tembok tembaga antara dua gunung. 

Kisah tentang Zulkarnain tertera pada surah al-Kahfi ayat 83-99. Ibnu Katsir juga menjelaskan kejadian ini dalam kitabnya yang berjudul Lubaabut Tafsiir Min Ibni Katsiir.

Dalam surat Al-Kahfi

Zulkarnain adalah seorang raja Romawi dan Persia. Dirinya dinamai demikian sebab memiliki dua tanduk di kepalanya. Sebagian percaya, nama ini didapat karena ia sudah berhasil menguasai bumi bagian timur dan barat.

Allah SWT telah memberikan kepadanya kekuasaan yang amat besar. Ia memiliki bala tentara yang banyak, alat perang yang dahsyat, dan benteng-benteng yang kuat pula.

Oleh sebab itu, banyak negeri yang tunduk kepada Zulkarnain. Bahkan raja di seluruh dunia pun juga hormat kepadanya, baik raja dari Arab maupun non-Arab. Mereka semua mengabdi kepadanya.

Suatu hari, dirinya menempuh sebuah perjalanan ke barat sampai menemui sebuah kaum dari Bani Adam yang besar. Ia pun mengajak mereka tentang untuk menyembah Allah SWT.

Kemudian Zulkarnain kembali melanjutkan sebuah perjalanan ke arah matahari terbit di negeri bagian timur. Setiap melewati segolongan umat, Zulkarnain dapat mengalahkan dan menguasai mereka serta menyeru kepada Allah SWT.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut