get app
inews
Aa Read Next : Hotel di Kota Batu yang Nyaman dan Harganya Tidak Sampai Rp 100 Ribu

Sempat Ditutup Karena Kebakaran Hutan, Gunung Arjuno-Welirang Kembali Dibuka Untuk Para Pendaki

Minggu, 16 Juni 2024 | 08:06 WIB
header img
Gunung Arjuno-Welirang Kembali Dibuka Untuk Para Pendaki (Foto: iNewsBatu.id/Damian)

KOTA BATU, iNewsBatu.id - Jalur Pendakian Gunung Arjuno-Welirang di Jawa Timur kembali di buka, Jum'at (14/6/2024) untuk para pendaki usai kebakaran hutan dan lahan di bulan Juli - Agustus 2023 lalu. 

Kepala UPT Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi mengatakan, pembukaan jalur pendakian gunung Arjuno-Welirang sudah di dibuka sejak 15 Juni 2024 kemarin. Akan tetapi kuota pendakian masih dibatasi maksimal 400 orang setiap harinya. 

"Iya benar mulai hari ini (jalur pendakian dibuka 15 Juni 2024). Tapi kami batasi kuota perhari 400 orang untuk seluruh jalur," ujarnya Sabtu (15/6).

Kasi perencanaan Pengembangan dan Pemanfaatan UPT Tahura Raden Soerjo Daerah Devi menambahkan, pembatasan kuota pendaki ini sengaja di lakukan karena masih tahap pemulihan ekosistem. 

"Kami kurangi kuota, tidak banyak seperti sebelum terbakar. Sebab yang terbakar cukup parah jadi masih proses pemulihan ekosistem," kata Devi. 

Selain pembatasan kuota, UPT Tahura Raden Soerjo juga telah memperbaiki SOP yang harus dijalankan para pendaki. Tujuannya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Kalau secara garis besar SOP-nya setap sama, cuman ada yang kami detailkan lagi. Nah SOP bisa dibaca di website Tahura Raden Soerjo," ujarnya. 

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut