get app
inews
Aa Read Next : Sah, Habib Hadi Zainal Abidin Mendapat Rekom dari PKB untuk Maju Calon Walikota Probolinggo

Mencuat Isu Mukmatar PKB Tandingan, PKB Probolinggo Koordinasi Dengan Polisi

Rabu, 21 Agustus 2024 | 18:08 WIB
header img
PKB Probolinggo Koordinasi Dengan Polisi

PROBOLINGGO, iNewsBatu.id -Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Probolinggo mendatangi Polres Probolinggo, Polda Jawa Timur, pada Rabu (21/8).

Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari koordinasi menjelang Muktamar PKB yang akan diselenggarakan di Bali pada 24-25 Agustus 2024.

Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Mochammad Al Fatih, menjelaskan, kalau Muktamar yang sah hanya akan berlangsung di Bali. 

Koordinasi ini juga sebagai bentuk antisipasi terhadap adanya kemungkinan munculnya muktamar tandingan yang diinisiasi oleh pihak tidak dikenal.

"Muktamar PKB yang sah hanya satu, yaitu yang akan digelar di Bali. Jika ada muktamar lain, maka itu ilegal," ujar Gus Fatih, sapaan akrabnya.

Ia menegaskan bahwa Muktamar ini didasarkan pada hasil Muktamar PKB 2019 yang telah disahkan melalui SK Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH – 04.AH.11.01 tahun 2019.

Selain melakukan koordinasi dengan kepolisian, DPC PKB Kabupaten Probolinggo juga mengirimkan delegasinya ke Bali. 

Delegasi resmi ini ditetapkan melalui SK DPP PKB Nomor: 29593 tertanggal 29 Mei 2024. 

Di antaranya adalah Ketua Dewan Syura DPC PKB Kabupaten Probolinggo, KH Tauhidullah Badri, Sekretaris Dewan Syura KH Sulaiman, serta Ketua Tanfidz DPC Ra Fahmi. 

Turut serta dalam delegasi tersebut adalah Sekretaris DPC Zainal Arifin dan Bendahara DPC Rendra Hadi Kusuma.

Gus Fatih yang akan dilantik sebagai Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo pada 30 Agustus 2024 juga menegaskan, bahwa segala bentuk muktamar tandingan adalah tindakan ilegal.

Mengingat PKB sebagai organisasi politik dilindungi oleh undang-undang, yaitu UU No. 2 Tahun 2011 tentang Perubahan UU No. 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik.

Untuk menjaga stabilitas dan ketertiban menjelang Pilkada serentak pada November mendatang, DPC PKB Kabupaten Probolinggo berkoordinasi dengan Polres Probolinggo guna mengantisipasi potensi gangguan terkait isu muktamar tandingan.

"Kami berharap Muktamar nanti bisa berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif," pungkas Gus Fatih.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut