get app
inews
Aa Read Next : Masuk Lima Besar Terbaik di Jawa Timur, Kota Probolinggo Terus Genjot Kolaborasi Data

Tiga Sekolah di Kediri Raih Penghargaan Adiwiyata, Ini yang Dilakukan

Kamis, 03 Oktober 2024 | 08:22 WIB
header img
Tiga Sekolah di Kediri Raih Penghargaan Adiwiyata (Foto Istimewa)

KEDIRI, iNewsBatu.id – Tiga sekolah di Kota Kediri, Jawa Timur, sukses menorehkan prestasi di kancah nasional dengan meraih penghargaan Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan tersebut diberikan kepada SMPN 6 Kediri dengan Adiwiyata Mandiri, serta SDN Sukorame 2 dan SDN Tamanan dengan penghargaan Adiwiyata Nasional. Penghargaan ini diserahkan dalam sebuah acara di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Zanariah, Penjabat Wali Kota Kediri, mengungkapkan rasa bangga dan syukur atas prestasi tersebut.

"Alhamdulillah, tiga sekolah kita berhasil menunjukkan kualitasnya dalam menjaga lingkungan melalui program Adiwiyata,” ungkap Zanariah, Rabu (2/10/2024).

Menurutnya, ini merupakan bukti kerja keras dan komitmen sekolah dalam menjaga kelestarian lingkungannya.

Penghargaan Adiwiyata ini diberikan kepada sekolah-sekolah yang dianggap berhasil dalam mengelola lingkungan melalui pendidikan berbasis lingkungan.

Zanariah menjelaskan, kegiatan di sekolah-sekolah tersebut mencakup berbagai aspek, mulai dari kebersihan sanitasi dan drainase, hingga pengelolaan energi dan konservasi air.

“Setiap sekolah memiliki inovasi unik sesuai potensi mereka masing-masing,” kata Zanariah.

Ia menyebut, ada yang menciptakan generator mini, memproduksi puding dari lidah buaya, membuat encoenzym, bahkan briket.

Dengan capaian ini, Zanariah berharap sekolah-sekolah lain di Kota Kediri dapat termotivasi untuk terus memperbaiki pengelolaan lingkungan.

Ia juga menekankan pentingnya penghargaan ini sebagai pemicu untuk membuat perilaku berbudaya lingkungan menjadi kebiasaan di sekolah-sekolah.

“Harapannya, sekolah-sekolah yang sudah meraih Adiwiyata Nasional dapat naik tingkat menjadi Adiwiyata Mandiri,” tambahnya.

Mereka yang sudah mencapai Adiwiyata Mandiri, menurutnya bisa menjadi teladan bagi sekolah lainnya.

Tak hanya itu, upaya pengelolaan sampah secara mandiri diharapkan menjadi langkah efektif dalam mengurangi volume sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA). 

Pemkot Kediri juga terus memberikan pendampingan kepada sekolah-sekolah untuk mewujudkan Adiwiyata, mulai dari bantuan administrasi hingga fasilitas pendukung seperti biopori, tanaman, dan komposter.

Prestasi ini bukan kali pertama bagi Kediri. Sebelumnya, lima sekolah menengah pertama di kota ini juga telah meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur, menandakan konsistensi Kota Kediri dalam menggerakkan pendidikan lingkungan.

Sekolah-sekolah yang menerima penghargaan ini tak hanya berfokus pada lingkungan, namun juga terus mendorong inovasi kreatif dalam menjaga kelestarian alam.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut