get app
inews
Aa Read Next : Terima Ulasan Negatif di Google, King Abdi Tempuh Jalur Hukum

Unik, Candi di Malang ini Bisa Keluarkan Air yang Tak Pernah Habis

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:30 WIB
header img
Candi Sumberawan (malangkab.go.id)

BATU, inews.id - Candi Sumberawan dikenali mempunyai sumber air yang tidak pernah jadi kering. Air dalam sumber tersebut bahkan juga dihisap beberapa puluh pipa untuk dialirkan ke daerah sekitar.

Candi Sumberawan berada di Dusun Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Lokasi candi ini memiliki jarak 6 km dari Candi Singosari yang sudah terkenal bagi warga Malang.

Berlainan dengan Candi Singosari yang bangunannya berpenampilan Hindu-Buddha, Candi Sumberawan ini bercorak Buddha. Memiliki bentuk berupa stupa mirip seperti Candi Borobudur.

Sayang, sisi pucuk atau stupanya sudah lenyap. Ada banyak kesulitan dalam rencana kembalikan sisi paling atas dari badan candi, karena itu mau tak mau sisi itu tidak terpasang kembali.

Diperhitungkan pada pucuknya dahulu tidak terpasang atau dihias dengan paying atau chattra karena sisa-sisanya tidak diketemukan sama sekali.

Menurut Rosida, juru pelihara Candi Sumberawan, candi ini diprediksi dibuat pada era Kerajaan Majapahit. Namun, tempat lokasi candi itu telah dipakai semenjak zaman Singasari.

"Di periode Singasari populer bernama Kasurangganan. Kasurangganan adalam bahasa Sansekerta maknanya taman," kata Rosida dikutip dari korannews, Kamis (30/6/2022).

Candi Sumberawan jadi tempat pelabuhan raja Majapahit, Hayam Wuruk. Sampai sekarang, candi tersebut dikunjungi umat Buddha untuk melaksanakan ibadah saat Waisak dan umat Hindu yang ingin ambil air suci atau tirta.

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut