get app
inews
Aa Read Next : Ketahui Ciri Penyakit Garis Gelap Pada Kuku, Berhati-Hatilah!

Berikut ini Ragam Penyakit yang Menyerang Darah Manusia, Wajib Tahu

Rabu, 06 Juli 2022 | 17:51 WIB
header img
ilustrasi anemia (Foto: iNews.id)

2. Penyakit sel darah putih

Sel darah putih mempunyai peranan sebagai salah satunya mekanisme pertahanan badan pada beragam gempuran penyakit. Bila sisi ini mempunyai kelainan, perannya akan menyusut.

Orang yang menanggung derita kelainan pada sel darah putih umumnya lemas, gampang diserang infeksi, sampai kehilangan berat tubuh yang mencolok. Beberapa penyakit pada sel darah putih ialah:

a. Leukimia

Leukimia atau kanker darah ialah penyakit darah yang banyak dijumpai orang. Keadaan ini disebabkan karena produksi sel darah putih yang terlalu berlebih. Sel darah putih itu selanjutnya menyerang beberapa sel sehat dalam tubuh.

b. Limfoma

Penyakit ini termasuk juga dalam tipe kanker darah. Keadaan ini disebabkan karena perubahan pada limfosit. Limfosit sebagai salah satunya tipe sel darah putih. Limfosit yang bermutasi selanjutnya menyerang sel darah putih yang lain. Kanker ini kerap dikatakan sebagai kanker kelenjar getah bening.

3. Penyakit pada keping darah

Peranan dari keping darah ialah membuat jaringan baru untuk tutup cedera. Cedera dapat belum tertutup dengan prima bila elemen darah ini terserang penyakit.

Pada cedera yang serius, seorang dapat kehilangan nyawa karena kekurangan darah. Pasien penyakit pada kepingan darah umumnya gampang alami bengkak. Ia kerap mimisan atau alami gusi berdarah. Penyakit yang biasa menyerang keping darah salah satunya:

a. Hemofilia

Penyakit ini disebabkan karena minimnya jumlah keping darah dalam tubuh. Dampaknya, cedera akan susah tertutup. Darah terus akan mengucur karena keping darah tidak sanggup "meredam" dengan membuat jaringan baru. Lelaki umumnya seringkali alami hemofilia dibanding wanita.

b. Trombositosis primer

Bila jumlah trombosit atau keping darah terlalu berlebih, dapat mengakibatkan pembekuan pada darah. Bila darah membeku, saluran darah jadi terhalang pada pembuluh darah.

Penyakit kelainan darah ini dapat mengakibatkan seorang alami penyakit serangan jantung atau stroke.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut