get app
inews
Aa Read Next : Ketahui Ciri Penyakit Garis Gelap Pada Kuku, Berhati-Hatilah!

Kenali 3 Gejala Kolesterol Tinggi di Tangan yang Jarang Disadari

Kamis, 20 Oktober 2022 | 18:30 WIB
header img
Gejala Kolesterol Tinggi di Tangan. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Diagnosis kolesterol tinggi hanya bisa dilakukan melalui tes darah. Tetapi, melihat beberapa perubahan yang tidak biasa di tubuh dapat jadi salah satu tanda awal, salah satunya terletak pada tangan. Gejala kolesterol tinggi di tangan berikut perlu Anda waspadai.

Kolesterol ialah zat seperti lemak yang dibuat oleh hati. Komponen satu ini penting umum memproduksi hormon-hormon tertentu. Tetapi jika berlebihan, kolesterol dapat menimbulkan masalah.

Mengutip Healthline, kadar kolesterol yang tinggi akan memicu penumpukan lemak di pembuluh darah. Kondisi akan menghambat aliran darah untuk berjalan lancar, yang kemudian dapat memicu masalah pada jantung dan otak.

Gejala Kolesterol Tinggi di Tangan

Pada dasarnya, kolesterol tinggi tidak menimbulkan tanda-tanda yang detil. Dalam umumnya kasus, kolesterol tinggi hanya dapat memicu keadaan darurat seperti serangan jantung dan stroke. Tes darah menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan diagnosis kolesterol tinggi. Kadar kolesterol dikatakan tinggi bila melebihi 200 mg/dL.

Namun demikian, ada banyak tanda awal yang dapat Anda gunakan untuk kemudian melakukan pemeriksaan darah. Salah satunya adalah gejala kolesterol di tangan.

Berikut beberapa tanda awal kolesterol tinggi di tangan yang dapat Anda perhatikan, merangkum berbagai sumber.

1. Lipatan di jari

Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Medical Engineering and Informatics menemukan lipatan yang tidak biasa di tangan sebagai indikasi kolesterol tinggi.

Peneliti mengembangkan cara non-invasif untuk menguji kadar kolesterol pada pasien penyakit jantung. Hasilnya, kolesterol terlihat terkonsentrasi di lipatan jari. Timbunan lemak kolesterol yang disebutkan xanthomas dapat ada di lipatan tangan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut