get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Cek Disini!

Rabu, 12 Oktober 2022 | 06:12 WIB
header img
Cara Menurunkan Kolesterol. (iNews.id)

BATU, iNews.id - Anda yang mempunyai kolesterol tinggi memiliki risiko yang cukup besar untuk terkena penyakit jantung. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena risiko itu dapat dihindari dengan menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.  Begini cara menurunkan kolesterol secara alami.

Melansir WebMD, minum obat penurun kolesterol saja tidak cukup karena harus dibarengi dengan olahraga dan perubahan gaya hidup. Berikut ini adalah 5 cara untuk menurunkan kolesterol secara alami.

1. Berolahraga

Berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Ini dibuktikan oleh penelitian para ahli dari Australia dan Inggris yang dimuat pada Jurnal Sports Medicine pada tahun 2014.

Dari penelitian ini ditemukan jika berolahraga sangat berguna untuk menurunkan level kolesterol. Olahraga yang sudah dilakukan secara reguler dapat meningkatkan level kolesterol baik dan mencegah peningkatan kolesterol jahat.

WebMD menambahkan jika intensitas olahraga yang dilakukan tidak harus 30 menit setiap hari, tetapi bisa dimulai dari 10 menit saja.

Tidak hanya hanya itu, kegiatan ringan seperti menambah frekuensi berjalan kaki setiap harinya akan memberikan dampak positif untuk kesehatan dan kolesterol. Healthline menyarankan untuk meningkatkan intensitas olahraga yang dilakukan untuk menambah level kolesterol di dalam tubuh.

2. Berhenti merokok

Medical News Today menjelaskan jika merokok dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi karena merokok sendiri mengurangi level kolesterol baik di dalam tubuh.

Tidak hanya hanya itu, CDC mencatat jika kolesterol jahat di dalam tubuh dapat berubah menjadi lebih lengket dan merusak lapisan pembuluh darah sehingga membuat bengkak dan meradang.

Menurut Heart, berhenti merokok akan berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Heart menjelaskan jika penumpukan lemak di arteri menjadi lebih lambat dan membuat badan semakin sehat.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut