get app
inews
Aa Read Next : 10 Cara Merawat Ikan Cupang yang Benar dan Tepat

Mas Dhito, Bupati Kediri Kembangkan Ikan Cupang Gen Asli Kediri

Selasa, 19 Juli 2022 | 10:49 WIB
header img
Mas Dhito, Bupati Kediri (instagram.com/@dinaskominfo_kedirikab)

BATU, iNews.id - Pemerintahan Kabupaten Kediri akan meningkatkan genetik ikan cupang asli Kabupaten Kediri. Genetik baru ini nanti akan dipakai sebagai salah satunya produk favorit dan kekhasan wilayah yang sebagian besar warganya petani itu.

Menurut Hanindhito Himawan Pramana, Bupati Kabupaten kediri, gagasan peningkatan genetik cupang itu sebagai salah satunya cara penguatan identitas Kabupaten Kediri.

"Identitas satu wilayah dikenal tidak cuma dari pariwisata saja, tetapi juga dari bidang perikanan," jelas bupati yang sering disapa Mas Dhito itu.

Mas Dhito menjelaskan, karena ada satu produk ciri khas dengan kualitas dan keunggulan yang oke, akan sanggup menggandeng pecinta ikan hias sampai wisatawan untuk tiba ke wilayahnya.

Terlebih, semakin berkembang cepatnya tehnologi, Bumi Panjalu benar-benar mempunyai potensi menjadi sentral penghasil cupang nasional.

"Saat ini telah banyak tehnologi untuk pengembangan . Maka sangat besar kemungkinan perkembangan perikanan di Kabupaten Kediri hasilkan satu ataupun lebih cupang berkualitas unggul," kata Mas Dhito pada Sabtu, 16 Juli 2022.

Mas Dhito menambah minat pegiat dan pencinta ikan cupang telah terlihat pada saat dianya sukses membuat kontes cupang pada Juni 2021 lalu yang memperoleh Rekor Muri dalam jumlah peserta paling banyak.

Dengan kontes atau festival-festival yang hendak diselenggarakannya, lanjut Mas Dhito, Pemerintahan Kabupaten Kediri percaya diri untuk memperkenalkan kekuatan dan kekhasan genetik ikan cupang yang dikembangkannya itu. Bahkan juga, kemajuan ekonomi di bidang itu akan lebih meningkat.

Terpisah, Nur Hafid selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, menjelaskan sasaran dari peningkatan itu akan hasilkan tipe ikan cupang warna merah putih hasil dari persilangan genetik tertentu.

Menurut dia, untuk menyongsong produk baru asli Kabupaten Kediri ini dirinya dan Mas Dhito telah kantongi beberapa nama yang hendak dipasangkan untuk ikan hias itu. Satu diantaranya ialah Panjalu yang sebuah nama kerajaan Kediri di tempo dahulu yang mempunyai sejarah keemasan.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut