get app
inews
Aa Read Next : 10 Tips Merawat Ikan Nemo di Rumah yang Perlu Dilakukan

10 Cara Merawat Ikan Cupang yang Benar dan Tepat

Senin, 09 Januari 2023 | 15:56 WIB
header img
Cara Merawat Ikan Cupang. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Salah satu hewan yang mudah dipelihara di rumah adalah ikan cupang. Selain bentuknya yang kecil dan indah ikan cupang sangat mudah untuk dibudidayakan. Lakukan beberapa cara merawat ikan cupang yang benar dan tepat bisa dicoba di rumah.

Buat yang mengizinkan Sang Kecil memelihara ikan cupang di rumah, hingga perhatikanlah sebagian cara merawat ikan cupang di dasar ini biar ikan cupang dapat terpelihara dengan baik:

10 Cara Merawat Ikan Cupang yang Benar dan Tepat

1. Cara Memilah Dimensi Wadah

Panduan buat cara merawat ikan cupang yang awal merupakan memilah wadah yang pas buat jadi tempat hidup ikan yang hendak dipelihara. Sesungguhnya, dapat memakai wadah apa saja buat ikan, tetapi, alangkah lebih baik bila membeli akuarium.

Bila membeli akuarium, seleksi akuarium yang mempunyai ukuran tidak kurang dari 20 x 15 x 15 cm. Tidak terdapat yang namanya sangat banyak ruang berenang, jadi dapat membagikan dimensi akuarium yang lebih besar lagi.

Tetapi, sebab cupang terbiasa berenang dari kiri ke kanan di perairan yang lebih dangkal, akuarium yang dalam tidak sempurna buat Kerutinan mereka. Pula wajib memilah tangki persegi standar di atas mangkuk.

Sisi mangkuk yang bundar serta bukaan yang relatif kecil di bagian atas hendak sangat menghalangi opsi filter. Sebab cupang sangat sensitif terhadap penyakit kuman, habitat mereka wajib mempunyai sistem penyaringan yang efisien.

2. Air yang Digunakan serta Suhunya

Air jadi perihal yang pula berarti dalam cara merawat ikan cupang. Membutuhkan sediakan air tawar misalkan air sumur buat ikan. Tetapi pula dapat mengubah airnya dengan air minum isi ulang bila air sumur tidak sangat jernih. Jangan kurang ingat pula buat mengubah air tempat tinggal ikan cupang secara berkala, minimun 3 hari sekali.

Pula butuh cek volume air wadah ikan bila akuarium tersebut memakai wadah tanpa penutup. Buat wadah tanpa penutup, jangan mengisi air sangat penuh, serta sangat dianjurkan buat cuma mengisi air pada wadah tersebut kurang lebih 40 persen saja.

Cara ini bukannya tanpa alibi. Dengan mengisi cuma 40 persen dari ukuran wadah secara totalitas bisa menghindarkan ikan melompat keluar dari wadahnya.

Berikutnya, yakinkan kalau air mempunyai temperatur yang pas. Ikan cupang sangat sensitif terhadap temperatur, jadi pemanas akuarium merupakan kebutuhan, bukan opsi, buat ikan cupang. Ikan cupang sangat menggemari temperatur 25- 27° Celsius, yang apalagi lebih besar daripada mayoritas ikan tropis yang lain.

Salah satu bonus yang pas dalam cara merawat ikan cupang yang benar merupakan garam ikan hias. Tipe garam satu ini berperan buat menyeimbangkan osmosis di dalam badan ikan.

Tidak cuma itu, garam ini pula bisa menolong mengobati cedera serta memantapkan badan ikan akibat metabolisme yang tidak bekerja dengan benar. Buat takarannya, dapat meningkatkan 10 persen dari volume air wadah ikan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut