get app
inews
Aa Read Next : Cuma Butuh Bahan Alami, Inilah 6 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Hitam

Bingung Nggak Bisa Kentut? Lakukan Cara ini Agar Perut Terasa Lega

Sabtu, 30 Juli 2022 | 13:19 WIB
header img
ilustrasi susah kentut, (inews.id)

BATU, iNews.id - Buang angin dapat sangat melegakan jika sedang susah kentut. Walau terkadang baunya dapat cukup 'mematikan', tetapi nyatanya sangat baik bikin 'plong' perut yang kembung.

Pada faktanya, kentut mempunyai beberapa manfaat untuk tubuh. Dikutip dari Healthline, kentut dapat meningkatkan kesehatan usus besar, mengurangi kembung dan sakit di perut, dan memberitahu jika diet yang kita lakukan seimbang.

Tetapi, bagaimana jika kita tidak dapat kentut? Berikut beberapa tips untuk mengatasi susah kentut.

Mengatasi Susah Kentut

1. Memijat perut

Tips pertama untuk mengatasi sulit kentut yaitu dengan memijat-mijat perut dengan pola yang searah jarum jam. Gerakan memijat ini dapat membantu mengurangi gas yang terjebak dalam perut dan mengurangi kram dan kembung. Karena otot abdomen yang terlalu 'ketat' dapat menjadi salah satu penyebab kentut tidak dapat keluar.

2. Lakukan gerakan yoga

Tips kedua yang mengalami susah kentut yaitu melakukan yoga. Mengutip Healthline, beberapa gerakan yoga kenyataannya sanggup membantu kentut cepat keluar jika dilaksanakan dengan santai. Teknik pernapasan yang bagus dapat memberi dampak baik untuk perut.

Cobalah berbaring dengan posisi terlentang lalu tekuk kaki, selanjutnya tarik kaki dengan kedua tangan seperti gerakan mencium lutut (Pawanmuktasana). Tahan posisi ini selama 20 detik sampai 1 menit untuk mengatasi susah kentut.

3. Makanan yang buat cepat keluarkan gas

Tips terakhir untuk mengatasi susah kentut yaitu coba makan makanan yang cepat mengeluarkan gas, seperti minuman bersoda, pemanis buatan (sorbitol atau xylitol), dan permen karet. Mengonsumsi makanan-makanan ini bisa membantu mempercepat proses buang gas. Jika susah kentut, coba konsumsi kacang-kacangan, produk susu, makanan berlemak, buah berserat tinggi, dan daging.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut