get app
inews
Aa Read Next : 10 Cara Membuat Soft Cookies Agar Hasilnya Crispy Dari Luar dan Dalam

Susah Bersendawa? Inilah Cara Alami Untuk Mengatasinya

Selasa, 30 Agustus 2022 | 16:42 WIB
header img
Cara Mengatasi Susah Sendawa. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sendawa sebagai satu hal yang normal terjadi, terlebih setelah bersantap. Namun jika sudah makan tetapi sendawa tak kunjung tiba, itu pertanda ada yang tidak normal pada sistem pencernaan.

Biasanya sendawa terbentuk karena makanan yang dikonsumsi dan menghasilkan gas. Gas itu naik ke dada, kerongkongan dan keluar melalui mulut.

Sendawa yang normal dapat terhitung setidaknya 4x dalam sehari. Bila berlebihan bisa dipastikan ada yang tidak beres dalam sistem pencernaan. Lebih parahnya kembali jika sulit sendawa, hal itu bisa membuat cemas, dada sesak, sampai sindroma dispepsia atau gangguan pencernaan akut bila dibiarkan 3 bulan lebih yang berakibat pada pendarahan lambung.

Jika Anda mengalami sulit sendawa, jangan dibiarkan terlalu lama. Baca tips berikut ini supaya lebih mudah sendawa:

Konsumsi makanan bergas

Sendawa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Jika susah bersendawa, coba makanan bergas yang bisa memicu sendawa. Tetapi perlu diingat, konsumsinya jangan berlebihan.

Makanan pemicu sendawa misalnya saja minuman berkarbonasi, bir dan semacamnya. Atau juga bisa minum air putih dengan teknik "shotgun", yaitu habiskan minuman segelas dalam satu tegukan. Cara ini bisa mendorong udara ke kerongkongan dan dampaknya dapat memicu sendawa untuk keluar.

Berdiri

Jika belum berhasil, coba berdiri tegak. Bila dalam keadaan duduk, hal itu bisa membuat perut terhimpit dan menghalangi udara jadi sulit keluar melalui kerongongan.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut