get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Ide Usaha Makanan yang Bisa Terjual Setiap Harinya, Dijamin Untung

Kunci Sukses Budidaya Ikan Lele Cepat Menguntungkan Wajib Diketahui

Minggu, 07 Agustus 2022 | 09:37 WIB
header img
Ilustrasi budidaya ikan lele. (inews.id)

BATU, iNews.id - Ikan lele memang terkenal bandel, tetapi usaha budidaya ikan lele perlu dijalankan dengan strategi dan perencanaan yang betul. Usaha yang dijalankan asal-asalan malah tidak mendatangkan keuntungan yang besar. Berikut beberapa kunci sukses budidaya ikan lele yang perlu diketahui.

Tentukan benih yang akan ditebar

Tidak semua benih baik untuk ditebar. Anda perlu selektif pada benih-benih itu. Seharusnya, tempat pembelian benih tidak demikian jauh dari lokasi budidaya. Ini bermanfaat untuk menekan angka kematian benih saat pengangkutan. Disamping itu, biaya transportasi yang dikeluarkan tidak begitu tinggi.

Benih yang hendak ditebar sebaiknya berukuran seragam, warna cerah, sehat, gerakannya lincah dan gesit, tidak ada cacat dan luka di tubuhnya, dan posisi ikan di di air normal dan tidak menggantung.

Kenali waktu penebaran benih yang tepat

Waktu penebaran benih yang tepat adalah pagi hari pada jam 08:00-09:00 atau sore hari jam 15:30-16:30. Pada waktu itu suhu udara sedang tidak begitu panas sehingga dapat menekan risiko benih menjadi stres atau kaget.

Anda pun perlu memperhatikan cara penebaran benih. Setibanya di lokasi, tempat benih perlu diapungkan selama 10-15 menit dalam kolam. Kemudian, masukkan sedikit demi sedikit air kolam ke tempat. Saat suhu sudah sesuai, tempat dimiringkan ke air supaya benih dapat keluar sendiri. Rangkaian cara ini disebut aklimatisasi.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut