get app
inews
Aa Read Next : Berburu Maklon Kosmetik di Event Cosmobeaute yang Sempat Terhenti Karena Pandemi

Kripik Pare Produk Dari UMKM Kediri Langsung Ludes Dalam Sehari di ICE

Senin, 08 Agustus 2022 | 11:28 WIB
header img
keripik pare dari Kediri laris manis (sindonews)

BATU, iNews.id - Kripik Pare Kingkres, Produk UMKM Kota Kediri yang terdaftar dalam pameran Indonesia City Expo (ICE)  laku keras alias laris manis.

Acara pameran itu sendiri diadakan di RTH Imam Bonjol, Kota Padang, Sumatera Barat , dalam rangkaian Rapat kerja nasional XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2022, Minggu (7/8/2022).

Produk buatan UMKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri tersebut laku diboyong pengunjung, menurut Abdullah Abu Bakar selaku Wali Kota Kediri karena mempunyai unique selling poin.

"Orang jika membayangkan sayur pare itu kan tentu pahit, nah itu dapat dimentahkan oleh produk kripik Kingkres, karena rasanya benar-benar tidak pahit. Ini jadi nilai pembeda, sebuah harga jual yang unik dan membuat konsumen pada akhirnya tertarik", terang Abdullah Abu Bakar yang datang ke Padang untuk turut mempromokan UMKM Kota Kediri.

"Saya meminta UMKM khususnya makanan supaya sediakan tester, supaya pengunjung dapat mencicip, buktinya kan pada akhirnya pengunjung tertarik membeli. Nah, ke depan pembinaan UMKM harus semacam ini, tidak boleh main gimmick dan sembarangan, tunjukkan unique selling poin supaya berbeda lewat produk daerah lain, baru punya daya saing", lebih wali kota.

Dalam acara tersebut, Khafid Febrian, pemilik brand Kingkres mengaku jika dirinya membawa satu kardus besar produk ke Padang. Dirinya pun tidak menyangka jika pada hari pertama produk yang ia bawah habis, tersisa lima saja yang rencanya digunakan sebagai tester.

"Jika tertarik dapat membeli online, barusan saya masukkan kartu nama supaya gampang dihubungi", tutur Khafidz Febrian,

Tanto Wijohari selaku Kepala Disperdagin Kota Kediri akui senang UMKM binaan dinasnya dapat laku di pameran nasional sekelas Indonesia City Expo.

"Ini jadi ukuran kesuksesan pembinaan UMKM, jadi aktivitas yang kami adakan ada manfaatnya untuk beberapa pelaku. Jika pameran produk yang dihadiri beberapa kota lain dari Indonesia itu berarti kan persaingannya ketat, karena mereka bawa produk terbaik dari tiap-tiap wilayah", lebih Tanto diplomatis.

Disperdagin Kota Kediri sendiri dalam moment Apeksi kali ini selain bawa produk makanan seperti kripik pare, stik tahu, sambel pecel, dan beragam makanan kemasan lain.

Selain dari makanan, dirinya juga bawa karya kerajinan tangan batok kelapa, tenun ikat, sampai kerajinan tas tangan dengan bahan kulit kombinasi kain tenun.

Rapat kerja nasional XV Apeksi sendiri akan dilaksanakan pada 8-10 Agustus 2022, tetapi pameran Indonesia City Expo mulai dapat didatangi warga umum di hari Sabtu (7/8/2022)

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut