BATU, iNews.id - Mengelola bisnis wedding organizer atau WO di Indonesia sebagai peluang besar yang sangat menjanjikan. Karena, pernikahan terus akan berlangsung untuk pasangan yang merencanakan pernikahan.
Tentunya setiap pasagan menginginkan pesta pernikahannya menjadi momen yang paling indah dalam hidupnya. Peristiwa berkesan ini juga besar nilai kebahagiannya untuk orangtua, saudara, dan kerabat dekat yang lain.
Di sanalah WO mengambil perannya dalam membantu setiap calon pengantin untuk merencanakan pesta pernikahan dimulai dari dekorasi, katering, make up pengantin, fotografi, video dan lain-lain. Disamping itu, WO membantu setiap pasangan untuk mewujudkan pesta pernikahannya sesuai ide yang diinginkan, baik tradisional sampai international atau sederhana sampai mewah sekalipun.
Walaupun menjalankan WO ini membutuhkan kerja keras dan perlu beberapa waktu untuk mencapai kesuksesan, tetapi bisnis WO dapat dilakukan dengan fleksibel. Maknanya dapat dilakukan di rumah dan tentunya akan mendatangkan omset yang besar sekali.
loader
Untuk Anda yang telah memiliki ilmu dasar pengorganisasian atau pengalaman pernah bergabung di event organizer yang lain, tidak ada salahnya mencoba bisnis ini. Agar bisnis WO dapat berjalan dengan lancar dan mencapai keberhasilan, baca lima tips berikut!
Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Jaminan Terbaik? Perhatikan punya solusinya!
1. Tentukan Target Pasar
Apa saja jenis bisnis yang dijalankan pastinya mempunyai target yang dijadikan sebagai sasaran konsumen, ini berlaku pada usaha WO. Menentukan target pasar dengan tepat sebagai hal pertama yang harus dilakukan, apa warga kalangan menengah saja, menengah ke atas atau kalangan atas saja.
Hasil keputusannya nanti tentu saja akan memudahkan Anda dalam melakukan perencanaan usaha selanjutnya seperti perancangan keuangan, ide hingga proses marketing.
2. Bentuk Tim yang Kuat
Namanya organizer tentunya tidak dikerjakan sendiri, karena akan banyak tugas yang perlu diselesaikan dengan cepat. Karena itu sangat diperlukan ada tim yang ingin bekerja sama untuk mencapai kesuksesan di bisnis WO yang dijalankan.
loader
Tidak perlu beberapa orang, cukup rekrut orang sesuai yang dibutuhkan saja. Misalkan saja sisi dekorasi, pemasaran, keuangan dan lain-lain. Dapatkan orang yang benar-benar memahami jobdescnya, agar lebih mudah saat sedang mengarahkan orang itu.
Jika suatu saat nanti Anda benar-benar membutuhkan beberapa orang tambahan untuk membantu menyelesaikan projek, memanfaatkan pekerja lepas menjadi solusi yang tepat.
3. Mengajak Kerja Sama dengan Banyak Partner
Pada umumnya, WO yang baru berdiri akan melibatkan banyak pihak di luar yang akan melengkapi kebutuhan WO, seperti partner katering, tata rias, busana pengantin, dokumentasi video dan foto, hiburan, toko bunga, aula resepsi dan lain-lain. Jika ini dikerjakan sendiri bersama tim tentu saja benar-benar sulit dilakukan.
Karena itu, perlu menjalin kerja sama dengan beberapa partner atau mitra secara baik. Ini pasti memudahkan dalam menjalankan bisnis WO itu, termasuk dalam menentukan kosep yang sesuai budget pernikahan calon pengantin.
loader
4. Buat Paketan Konsep yang Menarik
Tidak dapat dipungkiri, persaingan dalam bisnis tidak akan pernah ada habisnya. Setiap bisnis tentunya mempunyai kompetitor yang bersaing ketat untuk memperoleh pelanggan sebanyaknya. Dalam masalah ini, menyuguhkan penawaran paketan ide yang menarik menjadi jalan keluar yang tepat.
Caranya, Anda hanya tinggal mengikuti trend pasar terbaru dimulai dari yang tradisional sampai modern. Selanjutnya, itu dapat dijadikan sebagai bahan untuk berinovasi dengan mengkobinasikan elemen lain. Misalkan, tradisi tradisional tetapi disuguhkan dengan ide mewah dimulai dari dekorasi, menyajikan menu-menu yang bervariasi di antara tradisional dan modern dan lain-lain. Pastikan, setiap paketan ide yang ditawarkan mempunyai harga yang sesuai dengan target pasar.
5. Promosikan secara Offline dan Online
Setiap pebisnis tentunya menginginkan bisnisnya dikenal beberapa orang dan mendapatkan banyak pelanggan. Karena itu, Anda wajib melakukan promosi dengan beragam jenis cara baik offline atau online.
Promosi secara offline umumnya menggunakan brosur atau pamphlet yang dibagi-bagikan ke beberapa orang. Disamping itu, bisa juga manfaatkan event-event tertentu untuk membuka stand promosi WO milik Anda. Sementara online, manfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, dan youtube dengan maksimal.
Agar kedua cara promosi yang dilakukan lebih menarik, buatlah design yang menarik pada pamphlet/brosur atau posting dan masukkan beberapa foto dari contoh pernikahan yang sempat dibuat sebelumnya sebagai portfolio. Jangan lupa sesekali berikan harga khusus seperti diskon atau potongan harga di peristiwa tertentu.
Editor : Supriyono