get app
inews
Aa Read Next : 4 Tips Mengikuti Seminar Usaha Bersama Pembicara Digital Pemasaran

Tips Sukses Dengan Membuka Jasa Laundry

Kamis, 11 Agustus 2022 | 06:08 WIB
header img
Ilustrasi jasa laundry (okezone.com)

BATU, iNews.id - Bisnis laundry yang hadir dengan segudang kemudahan dan kendala, harus kamu perhatikan keseimbangannya secara matang.

Usaha laundry memang dibutuhkan oleh siapa saja. Namun kamu harus tetap mengenali lebih dalam mengenai tips dan trik agar bisnis laundrymu dapat terus dibutuhkan.

Tidak hanya fokus pada segi operasional yang harus dipikirkan sebelum membuka bisnis, seperti jumlah mesin cuci dan setrika yang harus dibutuhkan. Memikirkan inovasi lainnya serta analisis pasar demi kesuksesan bisnismu juga menjadi hal yang penting.

Tips sukses bisnis laundry

Kesuksesan usaha bukan hanya datang dari modal yang besar. Kemampuan menelaah kebutuhan calon pelanggan dan memilih jasa pelayanan yang akan disajikan adalah kunci suksesnya.

Berikut beberapa tips sukses bisnis laundry yang dapat membantu kamu dalam mengembangkan usaha laundry.

1. Pilih lokasi yang strategis

Setelah mengetahui modal yang mendukung usahamu, tentukanlah lokasi usaha yang strategis. Strategis disini berarti kamu perlu juga membuat target sasaran terlebih dahulu. Dengan begitu, pemilihan lokasi pun jadi lebih mudah.

Misalnya saja, jika target sasaran adalah mahasiswa, maka pilih lokasi usaha dekat dengan universitas-universitas.

2. Tentukan harga setiap fitur layanan

Penentuan harga ini juga sangat erat kaitannya dengan target sasaran usahamu. Jika target sasaran usaha laundry adalah mahasiswa, maka kamu perlu menetapkan harga layanan laundry dengan harga yang terjangkau.

Perhatikan pula setiap kelebihan dan kekurangan dari fitur layanan. Kamu juga bisa membuat paket-paket layanan yang memberikan harga hemat untuk pelanggan.

3. Konsisten waktu

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang. Calon pelanggan pun pastinya tidak mau pakaiannya menginap terlalu lama di tempat bisnis laundry.

Maka dari itu, pastikan usaha laundrymu tidak deadliner dan selalu tepat waktu dalam menyelesaikan pesanan dari customer. Dengan begitu, customer akan percaya pada tempat usahamu dan akan selalu kembali sebagai customer tetap.

4. Bangun bank data yang mumpuni

Data disini adalah seperti jumlah pakaian dan jenis pakaian apa saja yang dibawah oleh customer. Tidak perlu menggunakan data super canggih, data sederhana pun dapat membantu pengelolaan pakaian menjadi lebih mudah dan terkendali.

Data jenis pakaian juga dapat membantu kamu untuk bisa lebih berhati-hati dalam menentukan cara dan teknik perawatan yang tepat. Anggaplah pakaian customer seberharga pakaianmu sendiri.

5. Tingkatkan pelayanan dan berikan inovasi secara berkala

Pelayanan dapat terus meningkat jika bisnis laundry dapat mempertahankan kepercayaan customer. Mulai dengan cara menjaga dan merawat pakaian customer dengan baik dan sesuai dengan keinginan mereka.

Usahakan juga pelayanan yang telah kamu miliki juga ditumbuhi dengan inovasi-inovasi yang kreatif, jangan stagnan atau tidak berkembang. Misalnya, kamu bisa menambah fitur antar jemput, menambahkan variasi pewangi yang anti-mainstream, atau perluas jasa laundrymu dari pakaian ke barang-barang lain seperti karpet.

6. Lakukan pemasaran

Lakukan pemasaran secara rutin. Perkenalan akan fitur-fitur layanan yang baru melalui pemasaran yang menarik akan dapat menambah customer baru secara terus menerus.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut