get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Manfaat Gandum Dapat Mencegah Penyakit dan Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:32 WIB
header img
Ilustrasi gandum (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Gandum merupakan salah satu bahan makanan yang kerap dijadikan bahan dalam pembuatan kue, roti, dan bagel. Gandum tidak hanya menjadi sumber energi,tetapi juga memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh.

Penasaran kandungan gizinya? 

Gandum merupakan salah satu tanaman serealia yang paling tua dan terdiri dari berbagai jenis yang sering dijadikan sebagai bahan makanan. Dari bermacam ribuan gandum, yang paling populer adalah gandum biasa, durum dan club wheat.

Ketiga jenis gandum ini sering digunakan dalam membuat roti, spaghetti, hingga kue dan produksi tepung. Gandum dijadikan sebagai bahan makanan pokok karena nutrisi karbohidrat dan serat yang tinggi.  

Berikut ini 4 manfaat gandum bagi kesehatan tubuh: 

1. Melancarkan buang air besar

kandungan serat yang tinggi pada gandum diyakini dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung dan sembelit. Berdasarkan penelitian dari jurnal of food Science and technology serat seperti gandum dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Jadi, serat dalam gandum dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan BAB. Selain itu, serat juga berperan penting dalam melawan Bakteri usus jahat yang dapat menyebabkan divertikulitis.

2. Membantu mengendalikan obesitas

Bagi para penyandang obesitas, mungkin gandum termasuk bahan makanan yang disarankan dokter demi mengatasi masalah kegemukan. Dikarenakan, gandum ternyata memiliki kemampuan untuk mengontrol berat badan.

Hal ini dikarenakan, gandum terutama gandum utuh, mengandung serat yang tinggi. Hal ini yang membuat mengkonsumsi makanan dengan gandum utuh membantu para penyandang obesitas agar tetap merasa kenyang dan menurunkan berat badannya.

Meski demikian, manfaat gandum yang ini ternyata lebih terlihat pada wanita terutama pada mereka yang sudah memasuki masa post menopause.  

Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of nutrition, penelitian ini menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi produk biji-bijian dalam waktu lama mengalami penurunan berat badan. Produk yang digunakan tersebut adalah bukan yang sudah diolah, melainkan gandum utuh.

3. Mengurangi risiko penyakit kanker

 Gandum juga memberikan manfaat berupa mengurangi risiko kanker. Dan faktanya, gandum dapat berperan sebagai senyawa anti-karsinogenik.

Biji-bijian seperti gandum, kaya akan fitokimia bioaktif. Senyawa yang telah terbukti efektif dalam mengurangi risiko kanker, terutama kanker payudara. Selain itu, fitokimia juga diyakini dapat dimanfaatkan sebagai terapi dalam penggunaan kanker payudara. 

4. Mencegah pembentukan batu empedu

Sumber serat yang tidak larut, didapatkan salah satunya dari gandum. Jenis serat yang ini ternyata berguna dalam sekresi asam empedu serta melancarkan pengolahan makanan.

Jika asam empedu terlalu banyak, empedu akan lebih mudah terbentuk. Oleh karena itu, konsumsi makanan berserat seperti gandum dapat mengurangi risiko pembentukan batu empedu.

Dalam Canadian Society of Intestinal Research, dijelaskan bahwa konsumsi serat tidak larut jika dapat menurunkan risiko operasi kantong empedu pada wanita. Penelitian ini melaporkan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi serat lebih kecil kemungkinan untuk menjalani operasi tersebut.

Meski belum diketahui bagaimana cara kerjanya, para ahli memiliki pendapat bahwa serat mungkin mempunyai efek positif terhadap metabolisme asam namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut akan hal ini untuk mengetahui jawaban pastinya.

Nah, itulah rangkuman mengenai 4 manfaat gandum, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut