get app
inews
Aa Read Next : Cara Menggunakan Metatrader4 di Android, Gampang Banget!

Laptop Anda Lemot? Berikut Cara Mengatasinya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:29 WIB
header img
Ilustrasi laptop lemot (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Kinerja laptop lambat atau lemot tentu saja sangat menggangu, terlebih bagi Anda yang menggunakan laptop untuk berbagai keperluan penting. Laptop yang lemot bisa membuat berbagai pekerjaan menjadi terganggu dan produktivitas bisa menurun.

Membuka banyak aplikasi sekaligus membutuhkan sumber daya RAM yang besar. Saat kalian melakukan banyak tugas, RAM yang tersedia tersebar di antara semua program yang terbuka dan operasi yang terjadi di dalamnya. 

  •  Batasi Jumlah Tab Browser

Penjelajahan web terutama dengan banyak tab yang terbuka, dapat membuat laptop lemot terutama jika tidak memiliki cukup memori. Setiap tab baru pada dasarnya seperti membuka browser baru dan ketika kalian para ladies membuka lebih dari sepuluh tab, memori dan sumber daya sistem di mac akan terkuras.

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika laptop mac masih menggunakan hard drive (HDD) alih-alih solid state drive (SSD) dan hampir penuh, maka cara mengatasi laptop lemot yang terbaik adalah mengosongkan memori dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan.

  • Kurangi Jumlah Aplikasi di Dock

Setiap aplikasi yang ada di Dock memerlukan data yang diambil dari sumber daya sistem, sehingga dapat diakses lebih cepat daripada dari jendela Finder.

Cara mengatasi laptop lemot yang tepat pada kasus ini adalah dengan memberinya sedikit lebih banyak ruang bernapas. Buka System Preferences > Dock, hapus centang Animate opening applications dan Automatically hide and show the Dock.

  •  Hapus Screen Saver

Kita semua suka memamerkan foto kita dengan menggunakannya sebagai wallpaper desktop atau screen saver, menyesuaikan pengaturan sehingga gambar berubah setiap 5 atau 15 menit.

Namun, untuk memungkinkan hal ini terjadi, sistem Anda harus mengalokasikan sumber daya untuk mengakses foto, mengubah latar belakang desktop, dan memuat screen saver.  Aktivitas ini dapat memperlambat sistem.

Buka System Preferences > Desktop & Screen Saver, klik tab Desktop dan hapus centang pada opsi Change picture.  Kemudian, klik tab Screen Saver, klik menu drop-down di sebelah Start after, dan pilih Never.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut