get app
inews
Aa Read Next : Bisa Menghasilkan Uang Hingga Puluhan Ribu Setiap Hari, Aplikasi Ini Banyak Dicari

Laptop Anda Lemot? Berikut Cara Mengatasinya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:29 WIB
header img
Ilustrasi laptop lemot (sindonews.com)

Tips Mengatasi Laptop Lemot

Terdapat beberapa cara mengatasi laptop lemot agar hal tersebut tidak terulang lagi. Misalnya, mengurangi atau uninstall penggunaan persangkat lunak yang tidak perlu, agar kinerja sumber daya sistem tetap terjaga. Terdapat beberapa tips mengatasi laptop lemot lainnya, yaitu:

1. Hentikan Program yang Berjalan Otomatis

Menghentikan program yang berjalan otomatis saat melakukan startup dapat membuat laptop lemot. Misalnya adalah aplikasi antivirus. Stop penggunaan otomatis dan gunakan saat memang benar-benar membutuhkan program tersebut.

2. Update Windows, Driver, dan Aplikasi

Banyak yang bilang bahwa mengupdate perangkat lunak adalah ide yang bagus untuk keamanan. Ini benar dan juga dapat menjadi salah satu tips mengatasi laptop lemot. 

Sistem operasi Windows akan secara otomatis mengirimi pemberitahuan ketika update tersedia.  Pastikan kalian tidak terus menundanya. Jika melewatkannya secara tidak sengaja, maka menu Start - Setting - Security Update - Update Windows.

3. Hapus File yang Tidak Perlu

Data laptop yang terlalu penuh dan berantakan, rupanya dapat mempengaruhi kinerja. Terutama, jika file di dalamnya adalah file-file berukuran besar seperti gambar beresolusi tinggi, file audio, dan video.

Mengosongkan ruang dengan membiasakan menghapus file serta folder setiap minggu dan mengosongkan recycle bin sesudahnya dapat menjadi salah satu tips mengatasi laptop lemot.

Ini juga membuat kalian ingat dengan apa yang ada di file dan folder, sehingga tidak akan terlalu khawatir tentang kesalahan menghapus sesuatu yang penting.

4. Temukan File yang Menggunakan Sistem Besar

Jika kalian merasa laptop kalian tiba-tiba lemot secara signifikan, kemungkinan ada program tertentu yang harus disalahkan. Salah satu cara untuk mengidentifikasinya adalah dengan masuk ke Task Manager dan mencari tahu apa yang menghabiskan sumber daya laptop kalian.

Klik kanan taskbar dan pilih Task Manager. Klik More details untuk mengetahui informasi tentang program yang sedang berjalan di laptop dan ini akan menunjukkan Processes Tab secara default.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa dicoba sendiri di rumah. Jangan khawatir dan langsung membuang laptop kalian, karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop lemot tersebut. 

Editor : Bayu Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut