BATU, iNews.id - Ribet, begitulah bila ada yang menyebut saat menggunakan motor sport yang dilengkapi kopling. Padahal untuk beberapa orang, mengendarai motor kopling dapat memberikan kesan sporty dan macho pada penunggangnya.
Tidak itu saja, sampai saat ini juga keberadaan motor kopling tetap jadi pilihan masyarakat. Untuk mengetahui mengapa motor kopling tetap dipilih lihat artikel 6 Alasan Motor Kopling Manual Masih Banyak Peminat.
Tetapi yang menjadi masalah yaitu naik motor kopling memang tidak semudah mengendarai motor bebek atau skuter matik. Karena otak kita harus bekerja sama saat tangan memainkan tuas kopling dan gas.
Masalahnya kadang bila tidak ahli menggunakan kopling, karena itu motor selalu akan mati sebelum melaju. Ditambah saat keadaan jalan yang akan dilalui sebagai tanjakan dan turunan, pasti akan lebih mencemaskan.
Karenanya seharusnya OLXer tahu cara mengendarai motor kopling sebelum dipacu. Apa lagi harus melalui tanjakan dan turunan. Nah, Bagaimana caranya? Berikut ada banyak tips dari dealer motor Honda Wahana yang dapat OLXer terapkan:
1. Ajak yang telah berpengalaman
Hal pertama kali yang paling penting ialah berdoa supaya selamat sampai tujuan. Selanjutnya, ajak teman yang telah berpengalaman, untuk mempelajari cara mengendarai motor kopling, tetap harus diawasi selama perjalanan.
Cara mengendarai motor kopling sendiri sebetulnya sangat mudah. OLXer cuma harus membiasakan tangan kiri untuk melepas kopling di saat yang betul.
Nah, kapankah saat yang betul untuk melepas kopling? Semakin lebih mudah bila menggunakan intuisi ketika telah menaiki motor. Dengan melatih intuisi dan feeling, OLXer tidak kesulitan mengendarai motor dengan transmisi manual mana saja.
2. Menuju ke tanjakan
Sesudah merasa lancer melaju di jalanan datar, karena itu saat melaju di tanjakan. Karena jalan raya tidak melulu datar, terkadang naik, menurun dan berkelok. Lakukan ini bila kamu mengetahui ada tanjakan di depan:
• Jaga kecepatan supaya tidak turun, modal awalnya menaiki tanjakan adalah kecepatan yang stabil dan cenderung semakin tinggi.
• Pastikan ada di persneling 3. Jangan masukkan gigi lebih dari 3 karena persneling yang besar tidak akan kuat untuk mendorong motor dari tanjakan.
• Saat kecepatan melambat seiring menanjaknya motor, turunkan persneling di gigi 2. Moto akan sedikit meraung karena di gigi 2 motor akan mendapatkan daya dorong yang lebih optimal daripada gigi persneling awalnya.
• Jika dirasa tidak kuat untuk naik, segera oper ke gigi satu. Ingat, pastikan di gigi satu jangan sampai salah oper ke gigi netral, bukanlah menanjak justru mundur teratur motornya.
• Setelah sampai di ujung tanjakan, karena itu bersiaplah untuk menemui tanjakan atau turunan yang ada di depan nanti.
3. Jangan menaikkan gigi persneling saat masih naik
Ada banyak larangan tentang cara mengendarai motor kopling di tanjakan. Salah satunya ialah mengoper persneling ke gigi yang lebih besar.
Meskipun dalam kecepatan yang tinggi, ini tidak dianjurkan untuk dilakukan. Ditakutkan motor akan kehilangan daya dorong, dan membuat pengendara panik sehingga motor mati di tengah perjalanan.
Disamping itu tidak disarankan untuk mendahului pengendara lain pada tanjakan, kecuali pengendara itu berjalan sangat pelan dan memang layak untuk disusul.
4. Tanjakan sudah, saatnya turunan
Contoh mengendarai motor kopling saat melewati jalanan menurun. (Shutterstock)
Saat telah melalui tanjakan, itu artinya kita siap maju selangkah untuk mempelajari motor kopling. Meskipun awalannya sulit, nanti keahlian ini akan membuatmu nyaman berkendara.
Nah karena harus tahu bagaimana cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan. Ini ialah tips untuk OLXer saat lewat turunan memakai motor kopling.
• Waspada akan ada gang dan potensi keluar masuknya kendaraan dari samping.
• Gunakan engine brake untuk membantu pengereman.
• Gunakan persneling tiga untuk kenyamanan dalam turunan.
• Bila turunannya benar - betul sepi dan kamu sangat mengenal jalannya, kamu dapat membuat mesin loss dengan menarik tuas kopling, sehingga kamu dapat menghemat penggunaan bahan bakar motor.
Tetapi OLXer harus hati - hati, karena dengan menarik tuas kopling motor akan melaju kuat di turunan karena tidak terbebani putaran mesin.
Editor : Supriyono