get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Merawat Mesin Jahit Dengan Mudah dan Benar

5 Tips Merawat Radiator Sepeda Motor Dengan Mudah 

Senin, 31 Oktober 2022 | 10:38 WIB
header img
Tips Merawat Radiator Sepeda Motor. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Keberadaan radiator untuk kendaraan sepeda motor matik atau non matik sangat krusial. Komponen ini berperan sebagai pendingin mesin. Ada 5 tips merawat radiator sepeda motor dengan mudah.

Jika radiator bermasalah, bisa menyebabkan mesin motor mengalami overheat atau terlalu panas.Lalu, bagaimana cara merawat radiator pada kendaraan automatik seperti Yamaha NMax, Aerox, Honda Vario, PCX?

Pengguna motor matik dengan sistem pendingin radiator harus waspada saat musim hujan. Pasalnya , kotoran yang didapat saat melaju bisa menumpuk di gril radiator. Jika parah, kondisi dapat menghambat pembuangan panas dari mesin. Akibatnya, mesin mengalami overheat hingga macet total.

Agar mesin tetap prima, pemilik motor harus aware pada kemungkinan-kemungkinan yang bisa menyebabkan kerusakan pada radiator. Karena itu, memahami tanda-tanda radiator bermasalah juga penting. Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers, Muslian, menjelaskan tanda-tanda radiator bermasalah.

Adapun tanda-tanda radiator bermasalah, yaitu antara lain sirip radiator rusak terbentur batu dan kerikil sehingga jalur cairan pendingin tersumbat, thermostat tidak berfungsi, tekanan tutup radiator lemah, jaluran radiator tersumbat karat atau kerusakan komponen, selang radiator getas dan retak sehingga bocor, dan kipas radiator tidak berfungsi.

Kiat Mudah Merawat Radiator Sepeda Motor

1. Periksa kondisi sirip-sirip radiator. Jika kotor, segera bersihkan.

2. Periksa ketinggian air radiator pada tangki reservoir atau cadangan, tambah bila kurang. Gunakan selalu coolant yang direkomendasikan dan hindari memakai air mineral.

3. Periksa jalur dan selang radiator untuk memastikan tidak ada kebocoran.

4. Periksa kondisi warna air radiator apaka berubah atau tidak.

5. Periksa kondisi tutup radiator. Pastikan apa posisinya telah kencang dan tidak ada ada bocor atau berubah bentuk.

Air radiator mesin motor bisa berkurang seiring waktu. Selain bisa dilakukan si bengkel, pemilik motor dapat melakukan secara mandiri pengisian air radiator. Tapi, sebelum proses pengisian air radiator, penting juga untuk mengetahui cara membersihkan radiator agar bersih optimal.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut