get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Abaya Turki yang Sederhana Namun Elegan

5 Cara Merawat Mesin Jahit Dengan Mudah dan Benar

Selasa, 01 November 2022 | 17:25 WIB
header img
Cara Merawat Mesin Jahit. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Jika Anda suka menjahit baju, jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan mesin jahit. Mesin jahit harus dirawat dengan benar. Agar mesin yang digunakan untuk menjahit, tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Ada lima cara merawat mesin jahit dengan mudah dan benar.

Sebenarnya cara merawat mesin jahit sangat mudah. Hanya perlu merawat dengan rutin dan konsisten. Merawat mesin jahit dapat dilakukan dengan perawatan preventif, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin jahit. Perawatan preventif dapat dilakukan setiap hari dan berkala.

Selain itu, mesin jahit juga bisa dirawat secara insidentil, yaitu perawatan mesin jahit setelah terjadi kerusakan. Perawatan insidentil ini meliputi bongkar pasang mesin jahit, membersihkan gigi mesin, dan membetulkan tali mesin. Agar terhindar dari kerusakan, berikut cara merawat mesin jahit yang benar dan mudah dilakukan:

Cara Merawat Mesin Jahit

1. Bersihkan Secara Berkala

Sesudah menggunakan mesin jahit, sebaiknya bersihkan mesin secara berkala. Ini dilakukan untuk membersihkan sisa kain, benang, atau debu halus yang menempel pada mesin.

Jika Anda dapat membersihkannya menggunakan kuas kecil, pinset atau penyedot debu yang kecil. Usahakan untuk melepaskan benang, jarum, sekoci, spul dan rumah sekoci terlebih dahulu.

2. Matikan Mesin Jahit Setelah Menggunakan


Ilustrasi Mesin Jahit. (okezone.com)

Cara merawat mesin jahit yang pertama dengan mematikan mesin jahit setelah menggunakannya. Mesin jahit tidak dapat digunakan selama 24 jam terus menerus. Karena mesin yang digunakan akan panas dan menyebabkan kerusakan pada dinamo.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut