get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Memulai Usaha Cilok Kaki Lima yang Menguntungkan, Anti Ribet!

Tips Memulai Bisnis Online Shop Agar Jualan Sukses dan Lancar

Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:27 WIB
header img
Cara Bisnis Online Shop. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Memasarkan beberapa produk dagangan secara online, mempunyai banyak sekali keuntungan. Selainnya kemudahan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, beberapa pelaku bisnis tidak perlu repot untuk menyediakan toko fisik, yang tentu saja akan membutuhkan tambahan biaya untuk membeli atau menyewa.

Sebelum mulai menjual produk secara online, ketahui dulu 5 cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula di bawah ini. Maka dari itu, kamu dapat menjalankan bisnis secara maksimal. Apa itu?

1. Tentukan Platform untuk Tempatmu Berjualan

Platform untuk berjualan, seperti media sosial dan e-commerce sekarang ini tersedia banyak sekali untuk memulai bisnis online. Walau demikian, penting untuk menyesuaikan jenis produk dengan tempat berjualan supaya memaksimalkan jumlah penjualan.

Misalnya, bila produk yang kamu jual cenderung diperuntukkan untuk anak muda, karena itu media sosial seperti Instagram atau TikTok lebih cocok digunakan. Sebaliknya, jika target pasar produkmu ialah orang tua, kamu dapat menggunakan platform Facebook atau WhatsApp untuk memasarkan produk itu.

Kamu bisa juga coba platform berjualan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya.

2. Mencari Supplier atau Distributor Terpercaya

Jangan khawatir jika kamu memulai bisnis tanpa modal. Karena, kamu memiliki pilihan untuk menjual dagangan seseorang, atau menjadi reseller.

Beberapa supplier menerapkan sistem dropship. Artinya, kamu perlu menerima orderan lalu menyampaikannya pada supplier. Selanjutnya, mereka yang mengurusi semua keperluan pengemasan dan pengiriman barang pada pembeli.

Seharusnya, kamu mendapatkan barang dari supplier tangan pertama. Sehingga, kamu dapat terus mendapatkan keuntungan tak perlu menaikkan harga barang terlalu tinggi. Disamping itu, pastikan kamu mendapatkan barang dari supplier atau distributor terpercaya untuk menghindari penipuan, ya.

3. Atur Tema dan Desain Online Shop Kamu

Aspek yang lain tidak kalah pentingnya adalah mengatur tema dan desain online shop. Ini menjadi ciri khas toko kamu dan meningkatkan brand awareness untuk beberapa pengunjung.

Disamping itu, calon pembeli mendapatkan visual yang menyenangkan saat berkunjung ke halaman toko kamu. Ini bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya transaksi pembelian.

Seharusnya, kamu menyesuaikan tema dan desain online shop dengan produk yang akan kamu jual. Misalnya, jika kamu ingin menawarkan produk baju-baju atau perlengkapan bayi, karena itu desain dengan warna-warna pastel yang cerah bisa kamu tentukan. Dan beberapa warna gelap dan netral seperti hitam atau navy, lebih cocok untuk barang perlengkapan pria.

4. Tambahkan Produk pada Halaman Toko

Nah, sesudah selesai menentukan platform dan tema dan desain online shop kamu, saat ini saatnya untuk mengisi halaman tokomu. Tidak sekadar unggah foto produk, tetapi ada aspek-aspek yang lain harus kamu ketahui agar dagangan kamu semakin terlihat menarik.

Berikut di antaranya:

Foto Produk yang Profesional

Foto-foto produk yang profesional, akan meningkatkan value dari produk tersebut dan mengundang orang untuk membelinya. Disamping itu, katalog yang dikemas secara serius, seolah-olah merepresentasikan pelayanan profesional yang akan didapatkan oleh calon pembeli kamu.

Strategi Penetapan Harga

Dalam menetapkan harga yang cocok untuk produk yang akan kamu jual, ada banyak pertimbangan. Misalnya, target pasar atau karakter pelanggan toko kamu. Kamu bisa juga membandingkan dengan harga-harga di toko pesaing untuk jenis produk yang serupa. Tidak lupa untuk menyesuaikan dengan harga dari supplier, sehingga kamu tetap dapat mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Deskripsi Produk

Keputusan seorang untuk membeli online, pasti karena alasan transaksi yang mudah dan cepat. Karena itu, kamu harus memfasilitasi kemauan pembeli dengan memberi deskripsi produk yang lengkap. Sehingga, konsumen tidak perlu repot-repot menanyakan mengenai penjelasan barang yang ingin dibeli.

5. Rajin Mempromosikan Produk

Merencanakan konsep dan memperindah tampilan online shop, akan percuma bila beberapa orang tidak mengetahui keberadaan usaha kamu. Karena itu, rajinlah mempromosikan barang dagangan di sosial media kamu.

Kamu dapat memanfaatkan fitur Instastory, WhatsApp, atau Facebook Story untuk mengupdate produk kamu agar semakin banyak yang melihat. Buatlah konten video atau foto semenarik mungkin supaya orang-orang ingin tahu dengan produk itu. Kamu bisa juga menerapkan gimmick marketing, seperti potongan harga atau bonus produk untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

Nah, tersebut 5 cara memulai bisnis online tanpa modal untuk pemula yang dapat kamu terapkan. Apa kamu siap untuk membuka online shop pertama kamu?

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut