get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Sudah Tahu? Beragam Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh  

Kamis, 25 Agustus 2022 | 08:21 WIB
header img
Manfaat Buah Mengkudu. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Tidak banyak yang tahu jika kandungan buah mengkudu (buah noni) sebagai bagian dari spesies keluarga kopi. Rasa dari buah ini memang tidak enak dan baunya sedikit tajam. Tetapi, ada beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, lho!

Manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi buah mengkudu tentu saja tidak lepas dari berbagai kandungan zat gizi di dalamnya. Pada satu buahnya, buah mengkudu mengandung 90% air. Sedangkan 10% bagian keringnya terdiri dari serat, protein, dan gula.

Kandungan protein dan asam amino memenuhi sekitaran 11,3% dari keseluruhnya bagian keringnya. Disamping itu, buah mengkudu mengandung mineral seperti kalsium, sulfur, kalium, magnesium, fosfor, dan selenium yang keseluruhannya mencapai 10 - 12 %.

Vitamin yang paling banyak terkandung dalam buah mengkudu yaitu vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C.

Berikut ini daftar berbagai manfaat buah mengkudu yang dapat Anda peroleh dari konsumsinya.

1. Bantu mengatasi arthritis

Buah noni telah digunakan sebagai salah satu obat tradisional lebih dari dua ribu tahun untuk mengatasi berbagai penyakit, satu diantaranya yaitu penyakit arthritis.

Pasien dengan kondisi arthritis sering mengalami nyeri sendi saat keadaan ini kambuh. Jus buah mengkudu dipercaya bisa meringankan rasa nyerinya.

Dalam penelitian yang pernah dipublikasikan tahun 2011, pemberian jus mengkudu setiap hari ke pasien osteoartritis berhasil menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan ngilu.

Hasil itu dicapai sesudah rutin minum jus buah mengkudu selama 90 hari. Beberapa peserta penelitian mengaku mengalami perbaikan dalam kualitas hidup.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Satu kembali manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yakni meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena, buah ini cukup tinggi akan kandungan vitamin C-nya.

Vitamin C sendiri dikenal sebagai salah satu asupan yang terbaik untuk mendukung sistem kebal Anda. Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin ini sendiri, sehingga asupannya harus didapatkan dari sumber lain.

Vitamin ini bekerja dengan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan karena radikal bebas dan racun lingkungan. Sehingga, risiko Anda pada penyakit kronis lebih rendah.

Kandungan scopoletin yang datang dalam buah mengkudu mempunyai sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Sifat anti-bakteri buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup baik untuk melawan bakteri E. coli, Staphylococcus aureus, dan Proteus vulgaris.

Berapa Kebutuhan Vitamin C Per Hari yang Perlu Anda Penuhi?

3. Bantu menurunkan kolesterol

Anda pasti sudah tahu bahwa merokok bukan kebiasaan baik. Bukan hanya berdampak buruk untuk kesehatan organ pernapasan Anda, merokok bisa juga menyebabkan kadar kolesterol tubuh meningkat.

Konsumsi jus mengkudu kemungkinan dapat menjadi salah satunya solusinya. Penelitian tim dari University of Illinois College of Medicine mengungkap minum juice mengkudu selama satu bulan bisa mengurangi kolesterol total dan kadar kolesterol LDL pada perokok berat.

Sayangnya, hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan untuk semuanya orang. Maka dari itu, manfaat buah mengkudu yang ini masih memerlukan penelitian selanjutnya.

4. Menurunkan gula darah

Penelitian pada hewan sudah menunjukkan hasil yang menjanjikan pada manfaat buah mengkudu untuk mengontrol kadar gula darah. Periset di Universitas Hindia Barat melakukan satu penelitian seperti itu.

Hasilnya, buah mengkudu mempunyai sifat penurun gula darah. Penelitian ini melibatkan pemberian suplemen mengkudu noni atau obat diabetes resep pada tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari dampak gula darah.

Studi itu mendapati jika buah mengkudu efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternatif Medicine pada Oktober 2010.

5. Bantu meningkatkan daya tahan saat berolahraga

Manfaat buah mengkudu ini sebagai kabar baik untuk Anda yang hobi olahraga. Kemungkinan besar ini muncul karena kandungan antioksidan dalam buah mengkudu yang dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat olahraga.

Bahkan sebuah studi pernah membuktikan, pemberian jus mengkudu sebanyak 2x satu hari selama tiga minggu pada pelari berhasil meningkatkan performa berlari sekitar 21 persen.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut