Logo Network
Network

Ketahui Perawatan Gigi Berlubang Agar Kondisinya Tidak Semakin Parah

Dean Ismail
.
Selasa, 06 September 2022 | 14:29 WIB
Ketahui Perawatan Gigi Berlubang Agar Kondisinya Tidak Semakin Parah
Ilustrasi Gigi berlubang (okezone.com)

BATU, iNews.id - Gigi berlubang atau karies adalah kondisi rusaknya email alias lapisan terluar gigi yang bersifat keras. 

Gangguan pada rongga mulut ini bisa jadi masalah pada anak-anak, remaja, maupun dewasa sebab menimbulkan rasa sakit gigi yang tak tertahankan. 

Penyebab dan Faktor Risiko Gigi Berlubang

Gigi berlubang terjadi ketika lapisan bakteri yang menempel pada gigi, disebut dengan plak, terus menumpuk. Ketika Anda makan atau minum sesuatu yang mengandung gula, bakteri dalam plak akan menghasilkan asam yang menyerang email gigi.

Menumpuknya plak akan membuat zat asam ini terus bersentuhan dengan gigi. Apabila Anda tidak menjaga kebersihan gigi dari waktu ke waktu, lapisan email gigi tersebut akan pecah sehingga menghasilkan lubang pada gigi.

Beberapa cara merawat gigi berlubang berikut ini juga bisa Anda lakukan untuk mencegah dan menjaga kebersihan gigi untuk menghindari gangguan pada rongga mulut.

1. Memperbanyak konsumsi vitamin D

Salah satu manfaat vitamin D yang penting adalah membangun gigi dan tulang yang kuat, sehingga hal ini bisa membantu Anda dalam mengatasi gigi berlubang. Vitamin D juga dapat membantu mencegah radang gusi karena bersifat antiinflamasi.

Vitamin D akan mengatur penyerapan kalsium dalam tubuh sebagai nutrisi utama penyusun tulang dan gigi. Saat tubuh kekurangan vitamin D, tubuh Anda tidak akan mampu menyerap kalsium dari makanan secara memadai. Apabila hal ini terus terjadi, maka mungkin Anda akan mengidap penyakit gusi dan gigi melemah.

Follow Berita iNews Batu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.