get app
inews
Aa Read Next : 15 Rekomendasi Lipstik Tahan Lama: Warna-Warni yang Nggak Luntur!

Ayah dan Anak Pertama yang Jabat Jenderal Kopassus TNI AD, Ternyata Orang Dekat Istri SBY

Rabu, 07 September 2022 | 12:01 WIB
header img
Ayah dan anak jadi Jenderal Kopassus pertama dalam sejarah TNI AD, ternyata orang dekat istri SBY

Menariknya, dari deretan Danjen Kopassus terdapat nama Kolonel Inf Sarwo Edhie Wibowo dan Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo.

Kedua tokoh milter TNI AD tersebut memiliki pertalian darah yang sangat erat. Di mana Kolonel Inf Sarwo Edhie Wibowo, yang merupakan Komandan RPKAD atau Danjen Kopassus ke-5 ini adalah ayah kandung dari Danjen Kopassus ke-23 Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo.

Kolonel Inf Sarwo Edhie Wibowo, memimpin pasukan khusus selama tiga tahun sejak 1964 hingga 1967. Pria kelahiran Purworejo 25 Juli 1925 ini merupakan orang kepercayaan Soeharto dalam operasi penumpasan G30S/PKI di Indonesia. Bahkan, Sarwo Edhie terjun langsung memimpin pasukannya memerangi gerakan yang akan mengganti ideologi Pancasila dengan Komunis itu di Jawa Tengah.

”Pak Sarwo Edhie orang yang dekat dengan orang tua saya. Sebelum saya formal menjadi anak buahnya Sarwo Edhie, saya pun banyak dengar cerita-cerita tentang Pak Sarwo dari orang tua saya. Bagaimana Pak Sarwo memimpin RPKAD pada saat-saat kritis Oktober 1945,” kenang Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam buku biografinya berjudul “Kepemimpinan Militer: Catat dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto” dikutip SINDOnews, Rabu (20/4/2022). 


Ayah dan anak jadi Jenderal Kopassus pertama dalam sejarah TNI AD, ternyata orang dekat istri SBY

Untuk mengenang jasa-jasanya, nama Sarwo Edhie Wibowo kini diabadikan menjadi salah satu nama gedung di Markas Komando (Mako) Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Sikap patriotik Sarwo Edhie dalam membela Tanah Air ternyata membekas dalam benak putra pertamanya Pramono Edhie Wibowo. 

Pramono Edhie Wibowo kecil sangat bangga dan kagum pada figur ayahnya. Matanya tak mau terpejam bila melihat ayahnya memakai seragam tentara yang terlihat gagah dan berwibawa. Anak kelima dari tujuh bersaudara ini pun mengikuti jejak ayahnya masuk dunia militer sebagai medan pengabdiannya. 

Selepas lulus SMA pada 1974, pria kelahiran Magelang, 5 Mei ini memutuskan untuk masuk ke Akademi Militer (Akmil). Namun langkahnya terhenti lantaran Pramono Edhie Wibowo harus ikut ayahnya yang ditugaskan menjadi Dubes Berkuasa Penuh Korea Selatan. 

Meski begitu, tekad dan semangat Pramono Edhie Wibowo untuk menjadi tentara tidak padam. Adik ipar mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini terus berlatih di bawah pengawasan langsung ayahnya. Kembali ke Jakarta, Pramono Edhie Wibowo mendaftar ke Akmil, Magelang. 

”Pilihan saya Angkatan Darat karena orang tua saya berjuang dan mengabdi di Angkatan Darat. Saya selalu melihat ayah saya berdinas di Angkatan Darat. Saya banyak diberi petunjuk oleh orang tua saya sehingga saya banyak mengetahui dunia militer di Angkatan Darat,” kenang Pramono Edhie Wibowo. 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut