get app
inews
Aa Read Next : Sebagai Perempuan, Perlu Tahu 5 Tips Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi 

Inilah 7 Fakta Medis Golongan Darah O yang Perlu Diketahui

Rabu, 14 September 2022 | 12:38 WIB
header img
Fakta Medis Golongan Darah O. (inews.id)

BATU, iNews.id - Setiap budaya menanggapi perbedaan kelompok darah dengan berbeda. Bahkan, ada yang menganggap golongan darah menjadi penentu apa seseorang sebagai pasangan yang cocok untuknya ataulah bukan. Buat kamu yang bergolongan darah O, ini 7 hal yang perlu kamu tahu!

1. Golongan darah O hanya dapat menerima darah dari sesama golongan darah O

Orang yang mempunyai golongan darah O dengan rhesus positif dapat menerima darah baik dari orang lain yang mempunyai golongan darah O positif atau negatif. Namun, orang yang mempunyai golongan darah O dengan rhesus negatif hanya dapat menerima dari orang yang sama-sama mempunyai golongan darah O negatif.

2. Golongan darah O dapat melakukan donor darah untuk semua group darah lain

Golongan darah O+ dapat ditransfusi ke semua golongan darah lain yang mempunyai rhesus positif (O+, A+, B+, AB+). Tapi, golongan darah O- dapat diberikan kepada semua golongan darah baik yang mempunyai rhesus positif atau negatif.

Karenanya, pada situasi yang genting di mana diperlukan transfusi darah untuk pasien yang krisis, kelompok darah O- dapat dipakai walau golongan darah dari pasien itu belumlah diketahui. Golongan darah O- paling aman untuk diberikan kepada bayi baru lahir yang sistem imunnya belum berkembang secara prima.

3. Golongan darah O mempunyai resiko terkena penyakit jantung lebih rendah

Dibandingkan dengan golongan darah lain seperti AB, A, dan B, orang dengan golongan darah O mempunyai risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner. Disamping itu, golongan darah O mempunyai risiko lebih rendah terkena penyakit peredaran darah dan masalah kognitif.

Penting untuk diingat jika gaya hidup sehat ialah kunci untuk mengurangi resiko terkena penyakit . Maka, walau kamu mempunyai golongan darah O, bukan berarti kamu bisa mempunyai gaya hidup yang sembarangan, ya.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut