get app
inews
Aa Read Next : Sering Mengantuk di Pagi Hari, Berikut Tips Agar Aktifitas Kerja Tidak Terganggu

5 Tips Ampuh Lenyapkan Ketombe Gatal di Kepala

Rabu, 14 September 2022 | 20:08 WIB
header img
Ilustrasi cara hilangkan ketombe gatal (okezone.com)

BATU, iNews.id - Ketombe ialah kulit kepala yang mengelupas dan menjadi permasalahan rambut yang mengganggu. Bagaimanakah cara hilangkan ketombe yang ampuh? Baca beberapa tips-nya berikut ini

Penyebab Ketombe

Ketombe disebabkan karena jamur bernama malassezia yang hidup secara alami di kulit. Perkembangannya yang berlebih dan tidak imbang, karena aspek umur, hormon, atau depresi, akan mengakibatkan ketombe.

Tubuh kita memang meregenerasi beberapa sel kulit dengan teratur. Tetapi, produksi jamur yang bertambah akan menghalangi regenerasi sel-sel kulit mati.

Para ahli menerangkan jika ketombe berwujud serpihan putih disebabkan dermatitis seboroik yang ringan dan terjadi di kulit kepala. Ketombe akan munculkan rasa gatal, kulit bersisik, dan merah.

Lalu, apa jalan keluarnya? Baca terus tips ampuh hilangkan ketombe di bawah ini.

Langkah Hilangkan Ketombe

1. Ganti Pola Makan

Gizi makanan yang buruk dapat mengakibatkan ketombe.

Makanan tinggi karbohidrat dapat memacu penumpukan glikogen di kulit dan jadi makanan jamur penyebab ketombe.

Kamu perlu kurangi konsumsi karbohidrat dan gula yang dapat merangsang produksi minyak kulit pada kelenjar sebaceous. Langkah ini efisien diterapkan, terlebih oleh kamu yang rentan pada ketombe.

2. Teratur Keramas

Jangan biarkan minyak alami rambut bertahan semakin lama di kulit kepala sebab bisa menambah permasalahan. Bila kamu jarang keramas, minyak dan sel-sel kulit mati makin menumpuk.

Kamu perlu membersihkan rambut 3x seminggu untuk bersihkan rambut dan kulit kepala dari ketombe dan permasalahan yang lain.

3. Pakai Shampo Khusus Ketombe

Pakar kecantikan mereferensikan shampo khusus ketombe yang paling efisien dan cepat hilangkan ketombe. Tentukan shampo dengan formulasi halus, enteng, dan mempunyai kandungan dimethicone, zinc pyrithione, dan menthol.

4. Coba Hair Oil Mask

Perawatan rambut berbasis minyak dapat menolong menyeimbangkan produksi minyak berlebihan di kulit kepala. Mengoleskan minyak ke kulit kepala akan menolong mengangkat minyak rambut pemicu ketombe.

5. Tambah Tea Tree Oil

Kamu dapat mencoba penyembuhan ala rumahan memakai minyak esensial, tea tree oil. Tambah beberapa tetes tea tree oil pada shampo.

Tea tree oil memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang dapat menolong mengurangi keparahan ketombe.

Itulah cara-cara hilangkan ketombe yang baik dan direferensikan oleh pakar kecantikan. Pastikan lakukan perawatan rambut yang aman dan alami. Untuk hasil lebih optimal, konsultasikan ke dokter masing-masing. 

Semoga bermanfaat!

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut