get app
inews
Aa Read Next : 7 Tips Agar Kulit Putih Berseri Dengan Masker Secara Alami

5 Cara Menghilangkan Bintik Merah di Kulit Secara Alami, Simak Yuk!

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 09:27 WIB
header img
Cara Menghilangkan Bintik Merah di Kulit. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Bintik merah adalah perubahan pada kulit berupa kemerahan, luka lepuh, atau bintik. Kulit yang mengalami bintik biasanya mengalami gatal-gatal, bersisik, mengelupas, bentol, bahkan iritasi.

Bintik merah bisa juga terjadi pada siapa, baik itu bayi, remaja, atau dewasa. Tetapi, menurut berbagai sumber, wanita biasanya lebih rentan terkena bintik merah di kulit dibanding pria.

Selain itu, bintik merah di kulit dapat karena dengan beberapa faktor, seperti reaksi alergi, penyakit, efek obat-obatan, infeksi jamur, bakteri, virus, sampai parasit.

Bahkan, bintik kulit merah disebut sebagai salah satu gejala COVID-19 yang dialami oleh beberapa pasien positif virus Corona. Jika sudah terkena kondisi ini, biasanya dokter akan meresepkan krim, losion, atau antihistamin untuk meredakan peradangannya.

Namun, selain pergi ke dokter, ada beberapa pengobatan alami yang dapat meredakan bintik merah, loh. Berikut cara menghilangkan bintik kulit merah secara alami.

5 Cara Menghilangkan Bintik Merah di Kulit Secara Alami

Tea tree oil

Tea tree oil atau disebutkan Melaleuca alternifolia adalah bahan alami yang mampu atasi ruam kulit. Mengutip dari StyleCraze, tea tree oil memiliki kandungan terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, 1,8-cineole, dan viridiflorol.

Kandungan terpinen-4-ol dalam tea tree terbukti sangat baik untuk membunuh bakteri, jamur, dan beberapa jenis virus.

Kompres air dingin

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan rasa nyeri dan gatal karena ruam kulit adalah mengompres pakai air dingin atau es batu.

Cara ini biasanya bisa meredakan segera gejala-gejala yang ditimbulkan karena ruam kulit dan bahkan, dapat menghentikan pembengkakan dan meperlambat perkembangan ruam kulit.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut