get app
inews
Aa Read Next : 6 Manfaat Daun Lamtoro untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

5 Khasiat Bunga Telang sebagai Obat Herbal Alami Perlu Dicoba

Senin, 02 Januari 2023 | 20:47 WIB
header img
Khasiat Bunga Telang. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Bunga telang sudah lama dikenali dan dipakai sebagai bahan warna alami pada minuman dan makanan. Tetapi, selainnya percantik performa makanan, bunga telang memiliki kandungan beragam gizi dan zat yang berguna untuk kesehatan badan.

Bunga telang atau kembang telang (Clitoria ternatea) sebagai salah satunya tipe tanaman yang gampang diketemukan di Indonesia. Bunga yang seperti corong ini mempunyai beberapa variasi warna, yakni biru, ungu, merah muda, dan putih.

Selainnya sebagai bahan warna minuman dan makanan, bunga telang banyak juga digunakan sebagai pakan ternak sampai insektisida dan kosmetik alami. Tidak itu saja, bunga ini juga sudah lama dipakai sebagai obat herba atau penyembuhan tradisionil karena di-claim banyak memiliki faedah untuk kesehatan.

5 Khasiat Bunga Telang Sebagai Obat Herbal Alami

Ada banyak faedah bunga telang yang dipercayai bagus untuk kesehatan, diantaranya:

1. Memiara peranan dan kesehatan otak

Bunga telang memiliki kandungan anti-oksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang bagus untuk membenahi beberapa sel badan, terhitung sel saraf. Tidak itu saja, bunga telang dijumpai bisa tingkatkan produksi asetilkolin, yakni zat kimia di otak yang berperanan pada proses ingat, pelajari info, dan jaga fokus.

Beberapa penelitian memperlihatkan jika konsumsi anti-oksidan yang terpenuhi bisa tingkatkan ingatan dan fokus. Anti-oksidan dapat menahan berlangsungnya demensia atau pikun yang kronis.

Untuk memperoleh faedah bunga telang itu, Anda dapat konsumsi bunga ini sebagai teh herbal atau suplemen. Meskipun begitu, claim faedah bunga telang yang ini terbatas pada penelitian bertaraf kecil di laboratorium dan sedikit ditelaah pada manusia.

2. Menahan dan memudahkan reaksi alergi

Secara tradisionil, bunga telang kerap kali dipakai di India untuk menangani batuk dan tanda-tanda alergi dan asma. Hal ini sudah ditunjukkan oleh satu riset yang mengatakan jika konsentrat bunga telang bisa kurangi jumlah zat histamin, yakni zat yang berperanan dalam memunculkan infeksi saat badan terkena pemrakarsa alergi (alergen).

Sayang, riset ini tidak dapat pastikan efektifitas dan keamanan bunga telang sebagai obat alergi. Untuk menahan kambuhnya alergi, Anda perlu tetap ketahui dan menjauhi dari factor pemrakarsa alergi dan konsumsi obat antihistamin untuk menurunkan tanda-tanda alergi.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut