get app
inews
Aa Read Next : 7 Tips Agar Kulit Putih Berseri Dengan Masker Secara Alami

5 Cara Menghilangkan Bintik Merah di Kulit Secara Alami, Simak Yuk!

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 09:27 WIB
header img
Cara Menghilangkan Bintik Merah di Kulit. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Bintik merah adalah perubahan pada kulit berupa kemerahan, luka lepuh, atau bintik. Kulit yang mengalami bintik biasanya mengalami gatal-gatal, bersisik, mengelupas, bentol, bahkan iritasi.

Bintik merah bisa juga terjadi pada siapa, baik itu bayi, remaja, atau dewasa. Tetapi, menurut berbagai sumber, wanita biasanya lebih rentan terkena bintik merah di kulit dibanding pria.

Selain itu, bintik merah di kulit dapat karena dengan beberapa faktor, seperti reaksi alergi, penyakit, efek obat-obatan, infeksi jamur, bakteri, virus, sampai parasit.

Bahkan, bintik kulit merah disebut sebagai salah satu gejala COVID-19 yang dialami oleh beberapa pasien positif virus Corona. Jika sudah terkena kondisi ini, biasanya dokter akan meresepkan krim, losion, atau antihistamin untuk meredakan peradangannya.

Namun, selain pergi ke dokter, ada beberapa pengobatan alami yang dapat meredakan bintik merah, loh. Berikut cara menghilangkan bintik kulit merah secara alami.

5 Cara Menghilangkan Bintik Merah di Kulit Secara Alami

Tea tree oil

Tea tree oil atau disebutkan Melaleuca alternifolia adalah bahan alami yang mampu atasi ruam kulit. Mengutip dari StyleCraze, tea tree oil memiliki kandungan terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, 1,8-cineole, dan viridiflorol.

Kandungan terpinen-4-ol dalam tea tree terbukti sangat baik untuk membunuh bakteri, jamur, dan beberapa jenis virus.

Kompres air dingin

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan rasa nyeri dan gatal karena ruam kulit adalah mengompres pakai air dingin atau es batu.

Cara ini biasanya bisa meredakan segera gejala-gejala yang ditimbulkan karena ruam kulit dan bahkan, dapat menghentikan pembengkakan dan meperlambat perkembangan ruam kulit.

Minyak kelapa


Ilustrasi Bintik Merah di Kulit. (iNews.id)

Selain baik untuk merawat rambut, minyak kelapa ternyata bisa juga mengatasi masalah kulit, loh. Minyak kelapa diketahui memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Asam lemak dalam minyak kelapa murni dianggap memiliki sifat antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, dan penyembuhan yang baik. Tetapi, untuk orang yang memiliki alergi kelapa, ada baiknya untuk menguji terlebih dahulu di daerah kulit yang tidak sensitif, seperti lengan bagian dalam.

Bila dalam waktu 24 jam tidak menimbulkan reaksi apapun, minyak kelapa ini aman digunakan untuk menyembuhkan ruam kulit. Hentikan penggunaan bila terjadi iritasi.

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya memang terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk mengatasi masalah pada kulit, terutama ruam kulit. Bahkan juga, tanaman ini sering digunakan untuk penyembuhan luka ringan.

Sebagai informasi, tanaman lidah buaya mengandung vitamin B12, kalsium, magnesium, seng, vitamin A, C, dan asam lemak esensial. Selain itu, lidah buaya mengandung enzim, karbohidrat, dan sterol yang baik untuk memberikan efek anti-inflamasi.

Soda kue

Memang terdengar aneh mengapa bahan makanan seperti soda kue ini mampu untuk mengatasi ruam kulit. Tetapi, sebagai informasi, soda kue atau natrium bikarbonat sebagai bahan alami yang digunakan sejak dulu untuk mengatasi kulit gatal karena gigitan serangga atau ruam, loh.

Susunan kimiawi soda kue ini bertindak sebagai penyangga yang baik menjaga larutan dalam keseimbangan asam-alkali yang stabil. Karena alasan ini, soda kue bisa menenangkan kulit dan membuat ph kulit seimbang.

Itulah cara menghilangkan bintik merah di kulit secara alami. Semoga bermanfaat ya guys!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut