get app
inews
Aa Read Next : Berikut 8 Ide Usaha Makanan yang Bisa Terjual Setiap Harinya, Dijamin Untung

Ingin Membuka Usaha Jadi MUA? Ikuti Tips Simpel Ini, Dijamin Sukses

Jum'at, 16 September 2022 | 12:20 WIB
header img
Ilustrasi bisnis MUA. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Usaha MUA atau MakeUp Artist pada sekian tahun lalu masih dipandang seperti usaha yang kurang menjanjikan.

Tetapi siapakah yang menduga jika sekarang ini usaha MUA sebagai usaha yang diminati oleh beberapa orang karena peluangnya yang menjanjikan. Karena sekarang ini kebutuhan akan make up artist konsumennya tidak cuma perempuan saja tetapi juga laki-laki.

Sama seperti yang kita kenali jika sekarang ini make up sebagai alat yang perlu untuk menambahkan kepercayaan diri seorang.

Apalagi di jaman digital saat ini. Beberapa orang yang berlomba-lomba untuk saling membuat content vlog, website, atau review tentang berbagai jenis alat make up atau skincare yang dimuat di sosial media.

Karena itu sekarang ini semakin bertambah orang yang tertarik untuk memulai usaha MUA ini.

Tips Memulai Usaha MUA

  • Kelengkapan Alat dan Peralatan Make up sebagai MUA

Saat kamu ingin jadi seorang make up artist bukan hanya harus mengenal tentang tipe make up seperti, foundation, bedak, eye shadow, mascara, lipstik, dan yang lain.

Tetapi kamu perlu belajar pahami bagaimana manfaat dari tiap-tiap peralatan dan perlengkapan itu dan kapan waktu yang pas untuk menggunakannya.

Kemudian baru kamu mulai mengumpulkan secara perlahan-lahan beberapa alat make up yang dibutuhkan.

  • Banyak Belajar dari Tutorial MUA Professional

Salah satu kunci sukses jadi make up artist ialah tekad untuk selalu belajar dan mengasah keterampilan.

Tidak ada salahnya untuk belajar ke tutorial-tutorial yang sekarang ini telah banyak tersebar di sosial media. Banyak make up artist yang belajar tata rias secara otodidak.

Mereka belajar make up lewat tutorial make up melalui internet sambil mempraktikkannya langsung. Apa lagi di zaman digital ini tidak susah untuk cari panduan make up di sosial media.

  • Kuasai Beragam Teknik Make up dari MUA Professional

Selain menguasai beragam alat make up, baiknya kamu bisa juga kuasai beragam tehnik make up yang ada. Kamu dapat belajar dari mana saja.

Beberapa video atau artikel tutorial yang tersebar di internet mengajarkan tentang beragam tehnik make up dari berbagai penjuru dunia.

  • Dapatkan Ciri Khas Kamu Sebagai MUA

Sebagai make up artist, kamu perlu belajar untuk mempunyai keunikan make up yang tidak dimiliki oleh make up artist yang lain. Ini mempunyai tujuan supaya orang lain akan secara mudah mengingatmu.

Misalkan saja, make up yang kamu aplikasikan hasilkan dewy make up look yang tahan lama. Sudah pasti, cari keunikan tersendiri tidak gampang. Kamu harus seringkali untuk meng-upgrade kemampuan make up dan perkembangan trend sekarang ini.

  • Lakukan Uji coba Sebagai MUA ke Diri Sendiri

Make up ialah seni menggambar wajah.

Pada tahapan pertama, mulailah belajar untuk make up pada diri kita. Gunakan wajahmu sendiri menjadi canvas hidup saat menonton tutorial make up atau belajar make up pada ahlinya.

Baru kemudian kamu bisa mengaplikasikan make up ke orang lain.

  • Melakukan eksperimen pada Orang Lain

Apa kamu sudah puas dengan hasil make up di wajah sendiri?

Apa kamu sudah percaya diri untuk mengaplikasikan kemampuan kamu ke orang lain?

Bila iya, kamu bisa mulai berksperimen ke orang lain. Mulailah pada ibu, saudara wanita, atau rekan paling dekat kamu.

Tanya opini mereka tentang hasil make up kamu. Dan janganlah lupa, sering-seringlah latihan, supaya kemampuan kamu makin terasah.

  • Up to Date dengan Trend Make up dari MUA Terkenal

Memilih untuk menjadikan make up artist artinya kamu harus up-to-date.

Kamu harus rajin cari tahu mengenai perkembangan trend make up terkini untuk saat ini. Cari tahu, apa yang trend melalui berbagai media baik itu koran, majalah, atau sosial media.

Bukan hanya trend make up di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Meskipun begitu, ada saatnya kamu juga harus berpikiran, apa trend itu pas diterapkan pada beberapa orang yang sudah atau bisa menjadi klienmu.

Nah itulah beberapa tips untuk memulai bisnis sebagai MUA. Semoga bermanfaat!
 

Editor : Dean Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut