get app
inews
Aa Read Next : The Society Indonesia Gelar Pameran Brand Mewah, Penggemar Luxury Things Wajib Hadir

Jangan Sembarangan, Begini Cara Membuka Kap Mesin Mobil Dengan Benar

Minggu, 18 September 2022 | 06:18 WIB
header img
Cara Membuka Kap Mesin Mobil. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Saat kondisi darurat dan harus mengecek mesin mobil, OtoFriends perlu membuka kap mesin. Jadi, kita harus ketahui informasi mengenai cara membuka kap mesin mobil yang benar. Kadang, cara membuka kap mesin mobil disepelekan dan dianggap mudah. Padahal, jika salah dapat buat kap mesin rusak.

Cara Mengatasi Kap Mesin Macet

Saat akan mengecek komponen mesin, misalnya air radiator, cairan wiper dan oli mesin, kita harus membuka kap mesin lebih dulu. Tetapi, membuka kap mesin tidak bisa asal dan berikut adalah langkah-langkahnya yang benar.

1. Mesin mobil dalam kondisi mati

Untuk keamanan, sebaiknya mesin mobil dalam kondisi mati saat ingin membuka kap mesin mobil. Jika kondisinya tidak darurat, bisa membiarkan mesin menyala sekalian membuka kap mesin. Kemudian, pastikan transmisi atau persneleng kopling ada di posisi netral supaya mobil tidak bergerak ketika kap-nya terbuka.

2. Tarik rem tangan

Supaya lebih aman, pemilik kendaraan bisa menarik rem tangan untuk memastikan mobil diam di tempat. Sangat beresiko jika mengecek kondisi mesin lalu mobil bergeser. Jangan lupa, seharusnya lakukan pengecekan di jalanan yang permukaannya datar.

3. Menarik tuas penarik kap

Cara membuka kap mesin mesin mobil ialah menarik tuasnya. Umumnya, tuas ini ada di bawah dasbor di samping kanan atau di bawah jok sopir. Tetapi, ada beberapa mobil Eropa lawas yang meletakkan tuas kap di bawah dasbor penumpang depan.

Bentuk tuas ini berbagai macam, ada yang bulat atau kotak. Supaya lebih mudah dikenali, umumnya produsen mobil memberikan gambar kap mesin pada permukaannya. Knop atau tuas ini berfungsi untuk membuka pengunci 1 pada kap mesin.

Selanjutnya, tuas tinggal diambil sampai terdengar bunyi ‘klik' pada bagian depan kap mesin. Jika belum terdengar bunyi ‘klik', ambil lagi tuasnya lebih kuat. Umumnya, tuas ini cukup keras untuk ditarik . Maka perlu sedikit tenaga untuk menariknya.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut