get app
inews
Aa Read Next : The Society Indonesia Gelar Pameran Brand Mewah, Penggemar Luxury Things Wajib Hadir

Jangan Sembarangan, Begini Cara Membuka Kap Mesin Mobil Dengan Benar

Minggu, 18 September 2022 | 06:18 WIB
header img
Cara Membuka Kap Mesin Mobil. (okezone.com)

4. Tarik pengunci 2 kap mesin

Jika cara di atas untuk membuka pengunci 1, karena itu ini ialah cara untuk membuka pengunci 2 pada kap mesin. Perlu diketahui jika kap mesin dilengkapi dengan 2 sistem penguncian.

Cara membuka pengunci 2 ini cuma dapat dilakukan oleh tangan kita, bukan menggunakan tuas. Caranya dengan memasukkan jari kita antara celah kap mesin yang umumnya ada di tengah kap mesin. Bentuknya seperti knop segi empat. Cukup ditekan saja knop itu ke atas sambil mengangkat kap mesin.

5. Buka kap saat mesin dingin

Sebaiknya membuka kap mesin dalam kondisi dingin atau tidak terlalu panas. Maksudnya supaya tidak melukai tangan kita saat buka kap mesin. Seperti diketahui, kap dan komponen mesin terbuat dari logam sebagai penghantar panas.

Maka jika menyentuh logam yang panas, kulit kita dapat terbakar dan terluka. Jika memang terpaksa membuka kap mesin saat kondisi panas, sebaiknya gunakan lap atau sarung tangan berbahan kain.

6. Tarik pengait kap mesin

Jika kap mesin sudah terbuka, carilah pengaitnya supaya kap terbuka tanpa perlu ditopang tangan kita. Bentuk pengait ini umumnya pipih dan cara membukanya cukup ditekan. Ada yang ditekan ke samping, ada juga ke atas.

Jika mobil OtoFriends telah dilengkapi dengan suspensi penahan, karena itu kap mesin tak perlu ditahan menggunakan tiang. Kap mesin cukup diambil sedikit, karena itu otomatis akan naik. Namun, umumnya mobil yang dipasarkan di Indonesia belum diberi suspensi kap mesin.

7. Cara menutup kap mesin

Jika pengecekan atau pembaruan telah selesai, kita dapat menutup kembali kap mesin. Caranya, kembalikan tiang penyangga di tempat awal. Setelah itu, kap mesin dapat ditutup dengan sedikit dibanting agar terkunci rapat. Tetapi, juga bisa hanya dengan menekan ujungnya agar terkunci rapat. Kedua cara itu sama baiknya.

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut