get app
inews
Aa Read Next : Cara Menambah Gambar di Microsoft Word Mudah Banget

Tutorial Cara Menggunakan Camera DSLR Canon Untuk Pemula

Selasa, 20 September 2022 | 14:42 WIB
header img
Camera DSLR Canon. (sindonews.com)

BATU, iNews.id - Dengan adanya kamera DSLR, banyak orang-orang diluar sana yang ingin belajar menggunakan kamera canon untuk menghasilkan jepretan gambar yang maksimal.

Mungkin untuk kamu yang sekarang ini baru saja terjun ke dunia fotografi, tentu masih merasa bingung bagaiman caranya untuk mengoperasikan kamera DSLR, bukan begitu?

Oleh karena itu, kamu harus belajar sedikit demi sedikit mengenal fitur dan tools yang ada di kamera Canon. Pelajari satu-satu agar bisa menggunakannya dengan mahir.

Berikut beberapa teori yang perlu kamu pelajari untuk menggunakan kamera DSLR Canon. Kamu bisa juga menggunakan aplikasi kamera canon untuk mengontrol kamera DSLR melalui ponsel genggam.

1. Kenali Tombol Kamera DSLR Canon

Saat belum pernah menggunakan kamera DSLR Canon, kamu harus mengenali dan mempelajari semua tombol atau pencetan yang ada di kamera DSLR Canon.

Seperti yang telah diketahui, kamera DSLR Canon ini memiliki tombol pencetan yang banyaknya lebih dari 1 buah. Masing-masing dari pencetan itu mempunyai fungsinya sendiri.

Di bagian ini, tugas kamu hanya mengenali dan mempelajari semua pencetan tombol pada kamera DSLR Canon, agar tahu fungsi dari masing-masing tombol itu.

Disaat sedang mempelajarinya, jangan takut rusak atau salah pencet tombol. Justru itu kebanyakan orang tidak bisa menggunakan camera Canon ini karena takut salah pencet tombol yang ada.

Pelajari secara perlahan. Contoh seperti membaca buku panduan penggunaan kamera Canon.

2. Pelajari Mode Shutter dan Aperture

Cara menggunakan kamera Canon yang kedua ialah, mempelajari bagian Shutter dan Aperture. Kenapa harus mempelajari sisi ini? Karena dua mode ini mempunyai peran yang sangat penting pada kamera digital.

Di sisi lain, dua model itu dapat memudahkan penggunanya untuk mengaplikasikan kamera Canon dengan baik dan benar.

Apabila sudah menguasai dua mode ini, karena itu hasil gambar yang kamu ambil melalui kamera Canon tidak mengecewakan.

Seandainya kami bisa menyarankan, buat kamu yang belum pernah sama sekali menggunakan kamera Canon, jangan coba-coba untuk menggunakan fitur manual, ya.

Lain hal dengan kamu yang memang benar-benar ingin belajar.

3. Pelajari Penggunaan White Balance

Mungkin bagian ini terlihat sepele, padahal tidak sama sekali. Umumnya dari pengguna pemula, mereka selalu dihadapi dengan masalah pengambilan jelas warna pada objek yang dituju.

Oleh karena itu, bila menginginkan objek yang kamu foto itu membuahkan hasil yang maksimal, karena itu pelajari bagaimana cara penggunaan white balance pada kamera DSLR Canon.

Jika kamu telah paham seperti apa penggunaan white balance yang benar dan baik, karena itu hasil objek yang diambil melalui camera DSLR Canon, hasilnya tidak mengecewakan.

4. Pelajari Penggunaan Histogram

Cara menggunakan kamera DSLR Canon setelah itu, pelajari dan pahami bagaimana penggunaan Histogram yang betul.

Perlu diketahui, Histogram sebagai bagian penting yang nanti akan berdampak pada objek foto yang kamu ambil. Dengan Histogram ini, kamu bisa mengetahui seperti apa hasil detail objek yang kamu potret.

5. Pahami Fitur Automatic Exposure

Meskipun fitur ini sangat jarang digunakan, tetapi kamu harus tetap memahami manfaat dari fitur Automatic Exposure.

Mengapa demikian? Karena fitur ini berfungsi untuk membantu beberapa fotografer pemula untuk mengambil gambar walau kondisi cahayanya sangat terang

Dengan memahami 5 bagian di atas, telah dipastikan jika kamu dapat mengoperasikan kamera DSLR Canon layaknya seorang profesional.

Mungkin hanya itu informasi mengenai cara menggunakan kamera Canon, semoga bermanfaat!

Editor : Supriyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut