get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Inilah 5 Manfaat Minum Propolis Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Rabu, 21 September 2022 | 06:10 WIB
header img
Manfaat Minum Propolis. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Lebah tidak hanya menghasilkan produk madu yang bermanfaat untuk kesehatan. Ada juga produk sampingan yang disebut propolis.

Propolis sebagai bahan perekat bersifat resin yang dikumpulkan oleh lebah pekerja dari kuncup, kulit, atau sisi lain dari tumbuhan.

Bahan perekat ini kemudian dimanfaatkan untuk menutup celah-celah pada sarang mereka.

Propolis dipercaya amat ampuh untuk mencegah sampai mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Minum Propolis Untuk Kesehatan 

Menurut Guru Besar di Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Asnath Maria Fuah MS., propolis memang kaya akan beragam kandungan aktif yang baik untuk kesehatan.

1. Antioksidan tinggi

Seperti dikutip dari buku "Propolis Madu Multikhasiat" (2011) karya Hotnida C. H. Siregar, Asnath Maria Fuah, dan Yuke Octavianty terbitan Penebar Swadaya, propolis mengandung flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan untuk mencegah infeksi.

Propolis dapat berfungsi sebagai antioksidan karena bisa membersihkan sel-sel badan dari radikal bebas dan polutan yang bersifat racun.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Flavonoid dalam propolis dapat berfungsi sebagai perangsang meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

Caranya dengan meningkatkan kegiatan dan perbanyakan limfosit T dan makrofag yang paling berguna untuk menghilangkan zat asing dalam tubuh seperti bakteri, sel kanker atau tumor, dan virus.

3. Antibiotik alami

Propolis bisa saja antibiotik alami yang aman untuk digunakan. Ada riset yang menunjukkan jika pasien yang terkena Herpes Infection dapat disembuhkan dengan propolis.

Propolis bisa juga mengobati berbagai penyakit kewanitaan yang karena jamur dan penyakit yang lain disebabkan oleh Staphylococcus, Streptococcus, E. coli, influenza, Helicobacter pylori, dan Salmonella typhosa.

4. Mengobati radang gusi

Karena sifat antibakteri itu, propolis salah satunya dapat digunakan sebagai obat kumur yang bermanfaat untuk penderita radang gusi.

"Propolis telah digunakan dalam berbagai obat pada pabrik farmasi antara lain untuk obat luka dan tambal gigi.

Ini sangat memungkinkan karena didalam propolis ada sifat antibiotik, antiinflamasi, antioksidan dan antitumor," imbuh Asnath.

5. Memperkuat dan mempercepat regenarasi sel

Arteriosklerosis, tumor, diabetes melitus, gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, gangguan jantung dan pembuluh darah, penyakit saraf, radang sendi, reumatik, kanker, gangguan hati dan ginjal, dan maag.

Efek samping minum propolis

Selainnya memiliki manfaat yang sangat baik, propolis ternyata memiliki efek negatif saat dikonsumsi.

Beberapa efek samping dari konsumsi propolis di antaranya ialah alergi khususnya untuk seorang yang miliki alergi pada produk lebah yang lain. Efeknya dapat berupa iritasi pada kulit.

Selain itu, propolis bisa juga menyebabkan efek samping kardiovaskular. meningkatkan risiko pendarahan selama dan setelah operasi.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut