get app
inews
Aa Read Next : 5 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Begini 5 Cara Mudah dan Alami Hilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya

Kamis, 22 September 2022 | 12:39 WIB
header img
Ilustrasi Daun Pepaya. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Suka buahnya tapi nggak suka daunnya? Padahal daun pepaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Walaupun rasanya yang pahit tapi banyak yang mengonsumsinya. Inilah cara hilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

Selain buahnya yang manis, daun pepaya dapat juga digunakan sebagai obat herbal atau bahan masakan. Daun papaya mempunyai rasa yang pahit. Rasa pahit ini ditimbulkan oleh senyawa alkanoid karpain yang terkandung dalam daun pepaya.

Daun pepaya sering diolah menjadi beragam menu masakan, salah satu yang paling popular ialah tumis daun pepaya. Beberapa orang tidak suka memakan daun ini karena rasanya yang pahit.

Cara Hilangkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Dikutip dari beberapa sumber, berikut 5 cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

1. Direbus dengan daun singkong

Untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya, rebuslah daun pepaya bersamaan dengan daun singkong di air mendidih.

Caranya, rebuslah daun singkong terlebih dahulu selama dua menit, lalu masukkan daun pepaya ke air rebusan yang sama. Biarkan keduanya ada dalam air selama 3 hingga 5 menit. Lalu tiriskan kedua daun itu.

2. Direndam menggunakan garam dapur


Olahan Masakan Daun Pepaya. (okezone.com)

Rasa asin yang dimiliki oleh garam dapur bisa mengurangi rasa pahit yang terkadung dalam daun pepaya. Caranya yaitu dengan mencuci bersih terlebih dahulu daun pepaya lalu rendam dengan air yang telah dicampur dengan garam.

Rendam sekitar 1 jam untuk memastikan rasa pahit dari daun pepaya benar-benar hilang. Sesudah selesai direndam, tiriskan daun pepaya sambil diremas.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut