get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Hidup Sehat yang Tidak Disadari Banyak Orang

Tak Banyak Tahu, Inilah Sederet Manfaat Sarang Semut Bagi Kesehatan

Kamis, 22 September 2022 | 22:15 WIB
header img
Ilustrasi manfaat sarang semut untuk kesehatan (okezone.com)

BATU, iNews.id - Sarang semut sebuah istilah yang jarang dikenal masyarakat dalam hal kesehatan. Meskipun banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, pengobatan tradisional memakai sarang semut belum juga terlalu dikenali oleh warga Indonesia.

Sarang semut telah lama dipakai oleh warga pedalaman Papua untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit, baik itu penyakit ringan atau berat.

Pemakaian sarang semut sebagai pengobatan herbal telah jadi rahasia pengobatan yang paling ampuh dan terus dilakukan selama turun-temurun di pedalaman Papua.

Sarang semut yang dimaksud bukan rumah semut, tapi tumbuhan yang tumbuh pada dahan atau batang pohon.

Nama tumbuhan ini datang dari bahasa Yunani yakni genus myrmecodia. Istilah ini bila disimpulkan ke bahasa Indonesia, yakni ‘mirip semut' atau ‘dikerumuni semut'.

Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan

Mengatasi Ambeien

Walau tidak mematikan, penyakit yang ada pada tempat dubur ini benar-benar mengganggu. Bahkan juga pada beberapa penderita, penyakit ini dapat memicu penyakit yang lain lebih beresiko.

Untuk mengatasinya, kamu bisa juga memakai sarang semut sebagai langkah pengobatan.

Memperlancar haid

Untuk seorang wanita, kesuburan organ reproduksi bisa tergambar dari lancarnya haid. Nah, dalam masalah ini, sarang semut bisa menolong kamu menangani permasalahan haid yang tidak teratur.

Tidak itu saja, manfaat sarang semut yang lain untuk organ reproduksi wanita adalah untuk menolong mengatasi keputihan berlebihan.

Mengobati Penyakit Jantung

Organ satu ini rawan sekali alami permasalahan kesehatan, seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, dan masih banyak yang lain.

Tetapi, yang mengandung mineral, kalium, dan kalsium yang tinggi pada sarang semut, rupanya mampu menangani beragam gejala penyakit jantung.

Menangani Kanker

Penyakit ini ada secara bertahap. Tahapan lanjut kanker umumnya disebabkan karena perkembangan sel kanker yang telah semakin menyebar.

Sel kanker itu sanggup ditangani dengan obat tradisional yang memiliki kandungan sarang semut. Penyembuhannya juga benar-benar efisien dan tidak menimbulkan efek samping.

Benjolan pada Payudara

Sebagai seorang wanita, munculnya benjolan di tempat intim, seperti payudara, menjadi hal yang begitu menakutkan. Karena biasanya, benjolan yang berbentuk cairan ini sebagai gejala timbulnya tumor atau kanker payudara.

Kandungan flavonoid yang ada pada sarang semut, bisa mengatasi benjolan dalam waktu yang lumayan singkat.

Mengobati Rematik

Kandungan flavonid dalam sarang semut menjadi inhibitor enzim xanthine yang bagus untuk mengatasi rematik.

Selain itu, kandungan anti-oksidan dan tokoferol yang ada dalam sarang semut bagus untuk mengobati rematik.

Nah itulah beberapa manfaat dari sarang semut untuk kesehatan, semoga bermanfaat!

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut