get app
inews
Aa Read Next : Roadshow Bezzera Latte Art Competition 2023 Sukses di Bandung, Kota Mana Selanjutnya?

Berlangsung Selama 3 Bulan, Ini Alur Kompetisi ICStar Hackathon 2022

Rabu, 05 Oktober 2022 | 14:20 WIB
header img
ICStar Hackathon 2022 (sindonews)

BATU, iNews.id - Kompetisi ICStar Hackathon 2022 secara resmi telah dimulai pada tanggal 27 September 2022 lalu. Kompetisi ini menggabungkan pelatihan dan perekrutan serta memiliki fokus pada pembuatan otomasi berdasarkan real case dari perusahaan. Sejak dibukanya pendaftaran pada 1 Juli 2022 hingga 31 Agustus 2022 lalu, telah diterima sebanyak lebih dari 900 registran.

Setelah melewati proses screening CV, Psikotes, tes teknikal, dan interview, hanya menyisakan 78 peserta yang mengikuti kompetisi hingga bulan Desember 2022 mendatang. Para peserta ini memiliki latar belakang pendidikan di jurusan Sistem Informasi/Teknologi Informasi/Sejenis, Teknik (Elektro/Mesin/Industri), dan Sains (Matematika/Fisika/Kimia).

Tak hanya mahasiswa, kompetisi ini juga diikuti oleh fresh graduate dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Setelah lolos seleksi, 78 peserta di bulan Oktober ini akan menjalani training selama sebulan tentang Robotic Process Automation (RPA) oleh UiPath, Machine Learning oleh TV Extract, dan Low-code dari Outsystems. Kemudian di bulan November, mereka akan mengerjakan use case dari industri secara berkelompok dan akan dikumpulkan di bulan yang sama.

Acara final showcase akan berlangsung secara virtual metaverse di bulan Desember mendatang dengan memilih 5 tim terbaik untuk mempresentasikan solusi dari use case tersebut. Sementara untuk bersaing dalam kompetisi ICStar Hackathon 2022, para peserta harus memenuhi standar penilaian yang meliputi teknologi, presentasi, impact dan attitude.


ICStar Hackathonm (sindonews)

Nantinya, hanya akan ada satu pemenang dalam kompetisi ini. Pemenang akan mendapatkan hadiah utama senilai Rp 100 juta, berupa uang tunai, beasiswa, sertifikat, dan perangkat elektronik seperti laptop, voucher E-Commerce.

Tak hanya itu, sebanyak 78 peserta kompetisi ini nantinya juga akan mendapat kesempatan direkrut oleh perusahaan pendukung seperti BCA, Indosat Ooredoo Hutchison dan Adira Finance.

"Adira Finance juga merekrut beberapa dari mereka untuk membantu kami dalam membangun Robotic Process Automation (RPA) dengan juga Artificial Intelligence (AI) dan Learning Machine. Di Hackathon, kami memberikan kasus studi kepada tim internal kami dan juga para peserta dan mereka dapat berkolaborasi untuk memberi kami solusi terbaik," kata Tri Evita Ariyani, Senior Vice President Head of Human Capital and General Affairs Adira Finance.

Kompetisi ICStar Hackathon 2022 memberikan keuntungan bagi banyak pihak, diantaranya industri, universitas, dan mahasiswa. Dari kompetisi ini, lahirlah talenta-talenta berkualitas yang siap terjun di memajukan industri Tanah Air.

Dari kompetisi ini pula, perusahaan pendukung bisa memilih peserta terbaik untuk membantu memajukan perusahaannya. Sementara dari pihak universitas dan mahasiswa itu sendiri, memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dan dapat direkrut perusahaan.

Editor : Bayu Pratama

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut