get app
inews
Aa Read Next : Roadshow Bezzera Latte Art Competition 2023 Sukses di Bandung, Kota Mana Selanjutnya?

ICStar Hackathon 2022 Tempat Mencari Talenta Berbakat di Bidang Teknologi

Senin, 30 Januari 2023 | 16:01 WIB
header img
ICStar Hackathon 2022 (sindonews)

Batu, iNews.id - Sebuah perusahaan harus selalu mengalami perkembangan agar dapat bertahan di tengah persaingan. Apalagi persaingan di zaman digital ini semakin luas dan berjalan sangat cepat. Perubahan strategi terkadang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Perkembangan di dunia teknologi digital menuntut perusahaan untuk mencari talenta baru yang ahli di bidangnya. Talenta yang paham betul dunia teknologi dan digital dapat membantu perusahaan untuk bersaing dengan lainnya. Keberadaan talenta berbakat ini bisa ditemukan dalam kompetisi ICStar Hackathon.

ICStar Hackathon merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh PT Orbit Nasional Edukasi atau ONE Indonesia. Kompetisi ini menggabungkan kegiatan perlombaan, pelatihan, dan perekrutan kerja. Kompetisi ditujukan untuk generasi muda khususnya mahasiswa dan fresh graduate jurusan teknologi.

Kompetisi ini menjadi jembatan bagi pihak universitas dan industri. Berbagai pihak pun dapat mendapatkan keuntungan saat mengikuti ICStar Hackathon. Universitas khususnya mahasiswa dapat mengembangkan bakat dan mendapat kesempatan perekrutan. Sedangkan pihak industri dapat menemukan talenta berbakat yang mampu memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di perusahaan.


ICStar Hackathon 2022 (jurnalpagi)

Tahun 2022, berbagai perusahaan melakukan perekrutan lewat kompetisi ICStar Hackathon. Perusahaan tersebut di antaranya Indosat Ooredoo Hutchison, Adira Finance, Ifabula hingga BCA. Dalam kesempatan wawancara, pihak Adira Finance mengungkapkan dukungan kepada kompetisi ini.

Perusahaan merasa terbantu karena dapat melakukan perekrutan talenta berbakat. Studi kasus yang diberikan kepada peserta juga dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terjadi di perusahaan. Hal tersebut disampaikan oleh Senior Vice President Head of Human Capital and General Affairs Adira Finance, Tri Evita Ariyani.

"Adira Finance juga merekrut beberapa dari mereka (peserta) untuk membantu kami dalam membangun Robotic Process Automation (RPA) dengan juga Artificial Intelligence (AI) dan Learning Machine. Di Hackathon, kami memberikan kasus studi kepada tim internal kami dan juga para peserta. Sehingga mereka dapat berkolaborasi untuk memberi solusi terbaik kepada kami," kata Tri Evita Ariyani.

Selain Adira Finance, Indonesia Career Center Network (ICCN) yang menjadi salah satu sponsor ICStar Hackathon juga memberikan dukungannya. Hal ini disampaikan oleh Teddy Budiwan selaku President Indonesia Career Center Network (ICCN).

"ICCN mendukung penyelenggaraan ICStar Hackathon 2022. Karena kompetisi ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan bagi ratusan peserta yang merupakan alumni dari berbagai universitas," kata Teddy Budiwan dalam wawancaranya.

Beberapa perusahaan di bidang industri juga berpartisipasi dalam kompetisi ini. Mulai dari Adira Finance, Indonesia Career Center Network, Ifabula hingga BCA. Terdapat pula beberapa perusahaan dari luar negeri yang mengikuti ICStar Hackathon 2022. Perusahaan Africa Digital Center dari Afrika Selatan, Technology Visionaries dari Malaysia dan KOOKY & MustM Entertainment dari Korea Selatan turut meramaikan kompetisi ini.

ICStar Hackathon 2022 telah memulai kompetisi sejak bulan Agustus dan berakhir pada bulan Desember. Setelah melalui proses panjang, kompetisi ini mengumumkan pemenangnya pada pertengahan Desember lalu. Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 15-16 Desember 2022 lalu. Daftar pemenang dapat dilihat melalui website di icstar.oneindonesia.id dan media sosial resminya.

Editor : Dean Ismail

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut