Bikin Geger Dunia, Ini 5 Penemuan Harta Karun Terbanyak di Indonesia

Supriyono
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 20:34 WIB
Ilustrasi Penemuan Harta Karun di Indonesia. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Indonesia memiliki sejarah yang panjang akan nilai kebudayaannya. Tak hanya kebudayaan namun banyak temuan-temuan bersejarah yang ada di bumi Indonesia. Lima penemuan harta karun terbanyak di Indonesia mempunyai sejarah panjang. Wilayah Indonesia, baik daratan atau perairannya kadang ditemukan harta karun secara tiba-tiba.

Harta karun yang banyak ditemukan di Indonesia biasanya tidak hanya dalam bentuk emas dan permata. Melainkan, ditemukan artefak kuno, keramik peninggalan kerajaan dan fosil makhluk prasejarah. Berikut lima penemuan harta karun terbanyak di Indonesia:

5 Penemuan Harta Karun Terbanyak di Indonesia

1. Perhiasan emas di Klaten

Harta karun yang diperkirakan sebagai peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno di tahun 8-9 Masehi ini ditemukan di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten.

Awalnya sekitar 6 orang masyarakat menggali pasir sampai kedalaman tiga meter untuk tanah urug. Lalu mereka mendapati empat guci yang berisi perhiasan emas, perak, kalung, mangkuk, koin, tas dan perhiasan yang lain.

Saat ini, semua barangnya diamankan oleh pemerintah dan memberikan penghargaan dan santunan untuk para penemunya.

2. Koin emas dekat kuburan kuno Aceh


Ilustrasi Koin emas dekat kuburan kuno Aceh. (iNews.id)

Tsunami Aceh yang terjadi pada 2004 menyisakan luka untuk Indonesia. Tetapi, setelah bencana dahsyat itu, ditemukan koin emas yang diperkirakan berasal 1200 -1600 masehi.

Harta karun berupa koin emas itu ditemukan di Desa Gampong Pande dekat Kuburan Kuno. Gampong Pande dulunya sebagai wilayah kerajaan Islam pertama di Aceh. Abad 13 dan 17 desa ini sebagai sentra industri koin emas.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini