get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Telinga Sesuai Anjuran Dokter

Simak! 5 Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga Dengan Aman

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 08:33 WIB
header img
Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga. (okezone.com)

BATU, iNews.id - Salah satu hal menyebalkan yang dapat terjadi usai kita mandi adalah masuknya air ke telinga. Ini membuat telinga menjadi terasa mampet dan pendengaran kita tidak jelas. Tak perlu cemas ada cara mengeluarkan air dari telinga dengan aman dan benar.

Kondisi ini dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman untuk sementara waktu. Hal ini membuat komunikasi yang kita lakukan cukup terganggu. Sayang, kadang air yang masuk ke telinga ini tak dapat keluar dengan mudah. Perlu beberapa waktu sebelum telinga terasa benar-benar lega.

Sejumlah cara dapat dilakukan untuk mengeluarkan air yang masuk dalam telinga ini. Berikut beberapa cara mudah untuk mengeluarkan air dari bagian dalam telinga.

Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga Dengan Aman

1. Pencet Hidung

Tutup mulut dan pegang hidung dengan tangan. Kemudian ambil napas panjang dan keluarkan udara melalui lubang hidung. Cara ini akan mengatur tekanan udara dan membuat saluran eustachian. Ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada telinga yang kemasukan air.

2. Menggunakan Garam dan Kain

Sediakan seperempat cangkir garam dan panaskan dalam microwave. Setelahnya, letakkan garam itu dalam kain katun. Letakkan kain itu di dekat lubang telinga dan biarkan selama beberapa menit. Cara ini dapat membantu garam mempernyerap air di dalam telinga.

3. Miringkan Kepala


Ilustrasi telinga. (okezone.com)

Cara pertama yang dapat digunakan untuk mengeluarkan air dari telinga dengan memiringkan kepala hingga sejajar dengan lantai. Selanjutnya, letakkan telapak tangan ke sisi telinga yang kemasukan air.

Tekankan telapak tangan dengan lembut ke lubang telinga yang kemasukan air, selanjutnya lepas dengan cepat. Ini akan membuat tangan berubah menjadi vakum sementara yang membantu mengisap air keluar. Setelah air keluar sedikit demi sedikit, kamu dapat menggunakan korek kuping untuk membersihkan telinga.

Editor : Supriyono

Follow Berita iNews Batu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut